Penulis Utama : Asih Nur Bayani
NIM / NIP : K2311008
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaranberbasis komputer pada materi suhu dan kalor.
Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretes-PostesDesign dan dilaksanakan di SMA N Kebakkramat. Populasi semua siswa kelas X Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel sebanyak 2 kelas, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan media CAI (Computer Assisted Instruction)dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol menggunakan media powerpoint. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis komputer, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan kognitif siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes berupa tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan gain yang dinormalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor gain ternormalisasi pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI (Computer Assisted Instruction) efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi suhu dan kalor.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction, Powerpoint

×
Penulis Utama : Asih Nur Bayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2311008
Tahun : 2015
Judul : Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa SMA Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2311008-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supurwoko, M.Si
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.