Penulis Utama : Raymundus Aditya Ari Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis pengaruh atribut jasa terhadap kepuasaan konsumen pada akademi desain surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200134-2003
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam suatu pembelian, seorang konsumen setelah melakukan pembelian terhadap suatu produk akan melakukan evaluasi atau penilaian apakah produk tersebut memuaskan atau tidak memuaskan. Satu hal yang menarik pada jasa pendidikan terutama lembaga pendidikan adalah kemungkinan untuk berulangnya pembelian tidak begitu besar , sehingga perlu diperhatikan suatu pengetahuan mengenai faktor yang menyebabkan terciptanya komunikasi dari mulut ke mulut ( Word Of Mouth Communication ) sebagai akibat dari puas tidaknya konsumen setelah mengkonsumsi.

Masalah yang hendak dicari pemecahannya dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh atribut jasa yang terdiri dari citra, kualitas teknis dan fungsi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Akademi Desain Surakarta dan atribut mana yang paling berpengaruh. Metodologi yang digunakan adalah metode survey dengan membagikan kuesioner kepada responden. Sejalan dengan metode tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan suatu metode pengambilan sampel dengan metode purposif sampling, sedangkan untuk pengujiannya menggunakan teknik analisis regresi berganda yang mencakup uji t dan uji F.

Hasil analisis menunjukkan bahwa dari analisis regresi berganda diperoleh hasil uji F dengan hasil F hitung sebesar 3,319 dan menunjukkan tingkat signifikansi 0,040 lebih kecil dari 0,050 dan uji t menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,319 untuk konstanta; 2,553 untuk kualitas teknis dan fungsi; -,293 untuk kualitas pelayanan , dan hanya variabel kualitas teknis dan fungsi yang mempunayi nilai t hitung positif.

Hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melihat hasil uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 0,040 kurang dari 0,050 berarti atribut jasa seperti kualitas teknis dan fungsi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan para konsumen dan dari hasil uji t dapat dilihat pula hanya variabel kualitas teknis dan fungsi saja yang mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Akademi Desain Surakarta.

Berdasarkan hasil analisa tersebut diajukan saran-saran antara lain dengan peningkatan kualitas jasa terutama pada variabel kualitas teknis dan fungsi, dengan peningkatan pada variabel kualitas teknis dan fungsi ini diharapkan terciptanya Word Of Mouth Communication positif yang dapat mengangkat variabel citra pada Akademi Desain Surakarta.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sih Wiryadi , MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis