Penulis Utama : Nenie Lisyaningrum
NIM / NIP : K7411107
×

Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mojolaban tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa. Pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe index card match dengan teknik penghargaan (reward) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi siswa. Kualitas pembelajaran ditinjau dari dua segi yaitu segi proses, indikatornya adalah motivasi belajar siswa dan partisipasi siswa dan segi hasil, indikatornya adalah hasil belajar siswa aspek kognitif. Indikator motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 49,35% menjadi 71,10% di siklus I, dan menjadi 80,14% di siklus II. Indikator partisipasi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 19,11%, menjadi 52,89% di siklus I, dan menjadi 94,48% di siklus II. Indikator hasil belajar siswa aspek kognitif mengalami peningkatan pada prasiklus sebesar 38,23% menjadi67,65%di siklus I dan menjadi 85,29% di siklus II.
Kata kunci: Strategi pembelajaran aktif, motivasi belajar siswa, partisipasi siswa, hasil belajar siswa.

×
Penulis Utama : Nenie Lisyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411107
Tahun : 2015
Judul : Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Teknik Penghargaan (Reward) pada Siswa SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7411107-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susilaningsih, M.Bus
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.