Penulis Utama : Intan Lylya Khusna
NIM / NIP : K4410028
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Widodaren tahun pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Widodaren tahun pelajaran 2014/2015.Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dan tes.Uji validitas data menggunakan teknik trianggulasi metode.Analisis menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi atau biasa disebut dengan teknik interaktif.Prosedur penelitian adalah model spiral, yaitu dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penggunaan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat dmeningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Widodaren tahun pelajaran 2014/2015.Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase ketercapaian indikator dalam angket motivasi belajar. Pada siklus siswa yang mencapai ketuntasan motivasi belajar sebanyak 73,54% dan pada siklus Ii meningkat menjadi 78,08% perolehan ini telah melampaui taget yang ditetapkan yaitu 70%; (2) penggunaan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat prestasi belajar IPS siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai tes, pada siklus I sisa yang tuntas sebanyak 55,56% dan pada siklus II menjadi 85,18% , hasil ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 70%.
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Widodaren tahun pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, motivasi belajar, prestasi belajar IPS

 

×
Penulis Utama : Intan Lylya Khusna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4410028
Tahun : 2015
Judul : Upaya meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar ips dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas vii smp negeri 2 Widodaren tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4410028-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
2. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.