Penulis Utama : Dahana
NIM / NIP : S811402035
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus; (2) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas karena penelitian ini bertujuan menganalisis atau memecahkan suatu masalah nyata dalam bidang pendidikan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Minat belajar siswa dalam belajar menunjukkan adanya kenaikan. Pendekatan saintifik melatih siswa untuk kerja kelompok, memiliki kesadaran serta keinginan untuk belajar dan tertarik dalam mempelajari materi pelajaran. Minat belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari 36.81% pada data awal, menjadi 66.81% pada siklus I, dan menjadi 90.56% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 92.78%. (2) Pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata 69.97 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 36.11%. setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan nilai-rata-rata menjadi 76.72 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 63.89% pada siklus I. Pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 82.33 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86.11%. Dan pada siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 83.58 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Matematika.

×
Penulis Utama : Dahana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811402035
Tahun : 2015
Judul : Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas v pada mata pelajaran matematika di sd negeri 1 Getaspejaten Kecamatan Jati Kabupaten Kudus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Teknologi Pendidikan-S.811402035-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Mulyoto, M.Pd
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn, Dipl.Art
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.