Penulis Utama : Elfa Monica Zada
NIM / NIP : I0111032
×

Kota Surakarta saat ini menjadi daerah pusat perkembangan bisnis baru, sehingga kebutuhan transportasinya juga meningkat sehingga mengakibatkan permasalahan transportasi semakin kompleks. Transportasi harus dirancang sedemikian rupa agar meminimalisir permasalahan transportasi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui besarnya parameter ß dari estimasi model sebaran pergerakan dengan menggunakan metode gravity yang dinyatakan dalam bentuk Matrik Asal Tujuan (MAT). Selain itu untuk mengetahui tingkat validitas dari arus lalu lintas hasil pemodelan dengan arus lalu lintas hasil pengamatan di lapangan.
Penelitian dilakukan di kota Surakarta sebagai daerah kajian dengan membagi Surakarta menjadi 65 zona dengan 51 zona internal dan 14 zona eksternal. Survei dilakukan pada 39 lokasi, yaitu pada zona internal terdapat 25 lokasi dan pada zona eksternal terdapat 14 lokasi. Metode yang digunakan adalah model gravity dengan batasan tarikan dan bangkitan sebagai model estimasi MAT 2015 dengan software EMME/3. Pada model gravity terdapat parameter ß yang berfungsi sebagai faktor penentu besarnya nilai sebaran yang terjadi di setiap zona. Metode untuk memperoleh parameter ß yang nantinya digunakan dalam perhitungan MAT hasil estimasi (fungsi hambatan Tanner) adalah metode kalibrasi Newton-Raphson menggunakan software Matlab. Nilai arus lalu lintas diperoleh dengan cara membebankan matrik baru dan memasukan arus hasil pengamatan (traffic count) ke dalam jaringan jalan dengan metode pembebanan User Equilibrium. Uji Validitas menggunakan koefisien Determinasi (R²).
Besarnya nilai parameter ß yang diperoleh dengan bantuan aplikasi software Matlab adalah 0,00093. Dari hasil perhitungan dengan bantuan EMME/3, diperoleh total jumlah estimasi pergerakan kota Surakarta pada tahun 2015 adalah 47549 smp/jam dengan tingkat validitas (R2) yang didapatkan sebesar 0,8025.
Kata kunci : MAT, EMME/3, Matlab, Model Gravity

×
Penulis Utama : Elfa Monica Zada
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111032
Tahun : 2015
Judul : Estimasi matrik asal tujuan (mat) dari data arus lalulintas dengan metode estimasi kuadrat terkecil menggunakan piranti lunak emme/3 (Studi Kasus Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111032-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Ir. Syafi’i, M.T
2. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.