Penulis Utama : Nikmah
NIM / NIP : S831308031
×

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Karakteristik modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi, (2) Kelayakan modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi, (3) Keefektifan modul biologi inquiry based on interactive demonstration untuk memberdayakan hasil belajar siswa kelas XII IA pada materi bioteknologi di SMAN 1 Magelang.
Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan (R & D) Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Validasi dari produk pengembangan dilakukan oleh ahli materi, ahli pengembangan media, ahli perangkat pembelajaran, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Subyek penelitian dan pengembangan meliputi: Subyek uji coba terbatas (keterbacaan) sejumlah 12 siswa kelas XII IA SMAN 3 Magelang, subyek uji lapangan operasional (keefektifan) sejumlah 26 siswa kelas XII IA-2 sebagai kelas modul dan 24 siswa kelas XII IA-4 sebagai existing class yang dilakukan di SMAN 1 Magelang.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Karakteristik modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi yang dikembangakan sesuai sintaks inquiry based on interactive demonstration meliputi tahap observasi, manipulasi, generalisasi, verifikasi, dan aplikasi; (2) Modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar baru berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi 97,62%, ahli pengembangan media 98,21%, ahli bahasa 100%, ahli perangkat pembelajaran 100%, praktisi pendidikan 92,11% dan siswa 83,61%; (3) modul biologi inquiry based on interactive demonstration pada materi bioteknologi dinyatakan efektif untuk memberdayakan hasil belajar siswa berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif, psikomotor dan kognitif pada kelas modul lebih besar dari Existing Class. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar aspek kognitif yang signifikan antara kelas modul dengan existing class yang ditunjukkan oleh nilai THitung = 0,0035 < TTabel = 0,05.
Kata kunci: modul, inquiry based on interactive demonstration, hasil belajar, bioteknologi.

 

×
Penulis Utama : Nikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308031
Tahun : 2015
Judul : Pengembangan modul biologi inquiry based on interactive demonstration untuk memberdayakan hasil belajar siswa kelas xii ia pada materi bioteknologi di sma negeri 1 Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831308031-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si
2. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.