Penulis Utama : Kartika Rahmat Sari Dewi
NIM / NIP : K4211021
×

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti unsur struktural dan konflik sosial yang terdapat pada video wayang orang Balai Sigala-gala serta mencari tahu apakah relevan digunakan sebagai materi ajar pembentuk sikap sosial pada pembelajaran Bahasa Jawa siswa Sekolah Menengah Atas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisi isi dengan meneliti unsur struktural dan konflik sosial yang terdapat dalam wayang orang Balai Sigala-gala dan relevansinya untuk dijadikan materi pembelajaran. Sumber informasi yang digunakan menggunakan referensi buku, video, dan informan sebagai narasumber wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Library Research serta wawancara mendalam dengan uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Di mana peneliti mengkolaborasikan data yang diperoleh dari hasil wawancara narasumber dengan data yang diperoleh melalui kajian referensi dan analisis isi objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wayang orang Balai Sigala-gala memiliki unsur struktural yang lengkap sebagaimana unsur pembangun yang terdapat dalam genre prosa pada umumnya, serta memiliki keterjalinan unsur yang kuat di dalamnya. Kajian konflik sosial yang dilakukan menunjukkan bahwa wayang orang Balai Sigala-gala memiliki konflik sosial yang merupakan cerminan dari kondisi sosial masyarakat saat ini yang mudah untuk dianalisis siswa tingkatan Sekolah Menengah Atas. Kesesuaian antara konflik yang terdapat dalam wayang orang Balai Sigala-gala dengan kondisi sosial menjadikan lakon ini relevan untuk dijadikan materi ajar pembentuk sikap sosial pada pembelajaran Bahasa Jawa.
Berdasar pada hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa wayang orang Balai Sigala-gala relevan untuk dijadikan sebagai materi ajar pembentuk sikap sosial pada pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas.
Kata kunci: wayang orang, wayang, konflik, pendidikan karakter

 

×
Penulis Utama : Kartika Rahmat Sari Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4211021
Tahun : 2015
Judul : Kajian struktural dan konflik sosial pada wayang orang balai sigala-gala serta relevansinya sebagai materi ajar bahasa jawa pembentuk sikap sosial siswa sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4211021-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita. M.Hum
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.