Penulis Utama : Farikha Asajati
NIM / NIP : S841402016
×

Keterampilan menulis eksposisi merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Kenyataannya di SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali untuk keterampilan menulis eksposisi masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi, dan (2) meningkatkan keterampilan menulis eksposisi siswa melalui penerapan metode Team Assisted Individualization pada siswa kelas X IIS 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 dan guru bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah peristiwa proses pembelajaran, informasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, pemberian tugas, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi metode, triangulasi sumber data, dan review informan. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus III. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi dan meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas X IIS 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis eksposisi ditandai dengan peningkatan kinerja siswa dan kinerja guru. Nilai rata-rata kinerja siswa untuk keaktifan siswa yakni pada siklus I sebesar 61,60%, siklus II sebesar 81,20%, dan siklus III sebesar 82,4%. Perhatian dan konsentrasi siswa selama pembelajaran yakni siklus I sebesar 63%, siklus II sebesar 74,20%, dan siklus III sebesar 81,6%. Adapun minat dan motivasi siswa pada siklus I sebesar 61,20%, siklus II sebesar 73,40%, dan siklus III sebesar 80,8%. Nilai rata-rata kinerja guru di siklus I mencapai 69 dengan kriteria cukup. Siklus II mendapatkan 77 dengan kriteria cukup. Siklus III mendapatkan 82 dengan kriteria baik. Peningkatan keterampilan menulis eksposisi ditandai dengan meningkatknya jumlah siswa yang mencapai KKM. Siklus I nilai rata-rata keterampilan menulis eksposisi mencapai 70,2 dengan persentase 40%. Siklus II mencapai 74 dengan persentase 60% dan siklus III mencapai 77,8 dengan persentase 84%.
Kata kunci: Keterampilan menulis eksposisi, Team Assisted Individualization

 

×
Penulis Utama : Farikha Asajati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841402016
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan keterampilan menulis eksposisi melalui penerapan metode team assisted individualization pada siswa kelas x iis 1 sma bhinneka karya 2 Boyolali tahun ajaran 2014/ 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841402016-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
2. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.