Penulis Utama : Indra Wisnu Wibisono
NIM / NIP : D0111044
×

UPT. Puskesmas Mranti Purworejo merupakan Puskesmas berprestasi daerah perkotaan tahun 2015 di Kabupaten Purworejo yang memiliki tugas sebagai kontak pertama fasilitasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Purworejo. Jumlah peserta terdaftar program JKN di UPT. Puskesmas Mranti Purworejo adalah 32,92 % atau berjumlah 9.659 jiwa dari total penduduk di wilayah operasional Puskesmas 29.328 jiwa. Puskesmas perlu melakukan pengelolaan yang baik terhadap pelayanan yang diberikan walaupun dengan berbagai keterbatasan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana manajemen pelayanan yang ada di UPT. Puskesmas Mranti Purworejo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber datanya diperoleh dari informan, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi non partisipasi dan studi dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu dengan menggali data yang sejenis dari berbagai sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan model interaktif yang menghubungkan antara organisasi pemberi pelayanan dengan yang di layaninya yaitu menggunakan model segitiga pelayanan yaitu : 1) strategi pelayanan yang sudah baik dan berlandaskan kepada kemampuan internal organisasi dan aspek eksternal diluar organisasi. 2) sumber daya manusia baik karena memenuhi 6 kriteria pemberi jasa pelayanan yang baik. 3) sistem pelayanan yang ramah dimana sistem pelayanan yang ada sudah memiliki prinsip kejelasan dan kesederhanaan.
Kata Kunci : Manajemen pelayanan, Puskesmas, jaminan kesehatan nasional

 

×
Penulis Utama : Indra Wisnu Wibisono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0111044
Tahun : 2015
Judul : Manajemen pelayanan upt. puskesmas mranti purworejo dalam pelayanan kesehatan program jaminan kesehatan nasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0111044-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Marsudi M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.