Penulis Utama : Moh. Vika Rusyda
NIM / NIP : F0111051
×

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh tokoh agama yaitu kyai, dalam pilihan politik masyarakat dan performa perekonomian daerah. Lebih khusus lagi, patut di cermati bagaimana kinerja perekonomian daerah yang pemimpinnya mendapat dukungan kyai pada saat menjelang Pemilihan Umum Langsung Kepala Daerah atau pemilukada. Seperti yang terjadi di Jawa Timur, di mana di Jawa Timur sendiri terkenal dengan banyaknya kyai dan pesantren. Organisasi massa keagamaan yang terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama? juga berdiri di Jawa Timur. Organisasi yang kemudian melahirkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini didirikan oleh KH. Hasyim Asyari (Pendiri Pondok Pesantren Tebuireng) beserta kyai lain di Surabaya Jawa Timur. Bahkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang didirikan oleh KH. Abdurrahman Wachid ini menjadi partai yang dominan di Jawa Timur.  
Pola yang hampir sama terjadi di Jawa Tengah tepatnya di Kabupaten Pekalongan. Peta politik di Pekalongan juga di dominasi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Hal ini menarik untuk diteliti bagaimana pola hubungan kyai terhadap pilihan politik yang akan juga mempengaruhi perekonomian daerah Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola hubungan kyai dengan masyarakat yang memengaruhi pilihan politik masyarakat dan dampaknya terhadap perekonomian daerah sebagai akibat peran pengaruh kyai yang ada di Pekalongan.  
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan paradigma sejarah dan penelitian naratif. Untuk mengetahui pola hubungan kyai dengan masyarakat dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dengan informan penting yaitu kyai, warga sekitar pondok, dan juga Kementrian Agama Kabupaten Pekalongan. Untuk mengetahui kinerja perekonomian daerah dilakukan dengan melihat data yang mencakup pertumbuhan  ekonomi, kemiskinan, dan indeks pembangunan manusia (IPM).
Hasil penelitian menunjukkan pola hubungan kyai dengan masyarakat bersifat patront-client dimana kyai menjadi patront dan clientnya adalah masyarakat. Sebagai tokoh masyarakat, kyai dikunjungi oleh politisi dan masyarakat. Sebagai dampak pilihan politik masyarakat terhadap perekonomian daerah, kinerja perekonomian di Pekalongan mengalami pola yang progresif ketika dipimpin oleh pemimpin yang mendapat dukungan kyai.

Kata Kunci: Kyai, Pilihan Politik Masyarakat, Ekonomi Politik, Perekonomian Daerah

This research aims to investigate the effect of the religious leaders, namely „kyai?, to political choice and regional economic performance. Specifically, it should be noted how the  performance of regional economies whose leaders received support „kyai? on the regional election. The historical facts also show that „kyai? in East Java contribute to the independence of Indonesia. Moreover, religious standing mass in Indonesia, called Nahdlatul Ulama was established in East Java. Nahdlatul Ulama was founded and developed by „kyai?. The party that is supported by many „kyai? often be a winner on regional election in East Java.
Similar pattern also occurs in one area of Central Java, Pekalongan. The political history in Pekalongan is dominated by the role of „kyai?, based on political party, namely PKB. It is interesting to study how patterns „kyai? relationship to political choice which affect to  economic performance. This research focuses to the kyai?s role in influencing society on political choice that effect to regional economy in Pekalongan.
This study uses a qualitative approach through historical specificity and narative design. The pattern of kyai?s relationship to the community is examined by conducting in-depth interviews with purposive informant, that are „kyai?, residents around the lodge, as well as religious ministry Pekalongan. In investigating economic performance, this study employs GDP growth per capita and Human Development Index (HDI).
The results shows that the pattern of „kyai?s relationship to the public generates nature of patron-client where „kyai? became patront and its clients are public. As public figure, politicians seek „kyai? to get moral support and prayers blessing. „Kyai? are also visited by society for guiding some directions in political choice (e.g. Senator, Executive leader). As a result of political choice on the regional economy, economic performance in Pekalongan experiences progressive pattern when is lead by society that are supported by the role of „kyai?.

 Keywords: „Kyai? (Religious Scholars/Clerics), Political Choice, Political Economy

 

×
Penulis Utama : Moh. Vika Rusyda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111051
Tahun : 2015
Judul : Peran Kyai Yang Mempengaruhi Pilihan Politik Masyarakat Terhadap Perekonomian Daerah : Suatu Kajian Ekonomi Politik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Program Jurusan Ekonomi Pembangunan-F0111051-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro S.E.,M.Si,.Ph.D.
2. Yogi Pasca Pratama S.E.,M.E.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.