Penulis Utama : Apri Ari Martopo
NIM / NIP : K6409007
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara hubungan pengetahuan tentang identitas nasional dengan sikap patriotik siswa SMA AL ISLAM I dan SMA AL ISLAM III Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA AL ISLAM I dan SMA AL ISLAM III Surakarta. Yang jumlah keseluruhannya sebanyak 1030 siswa. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 256 siswa yang di ambil secara acak. Teknik pengumpulan data untuk variabel pengetahuan tentang identitas nasional (X) menggunakan metode tes dan variabel perilaku sikap patriotik (Y) menggunakan metode angket yang bersifat tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Rank Spearman.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara pengetahuan tentang identitas nasional dengan sikap patriotik siswa di SMA AL ISLAM I dan SMA AL ISLAM III Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data yang menyebutkan bahwa nilai rs hitung > rs tabel yakni 0,324 > 0,197.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis dalam penelitian ini di terima, artinya ada hubungan antara pengetahuan tentang identitas nasional dengan sikap patriotik siswa di SMA AL ISLAM I dan SMA AL ISLAM III Surakarta tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci : pengetahuan identitas nasional, sikap patriotik, patriotisme, nasionalisme

 

×
Penulis Utama : Apri Ari Martopo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6409007
Tahun : 2015
Judul : Hubungan pengetahuan tentang identitas nasional dengan sikap patriotik siswa (Studi Korelasi Pada Siswa SMA Al Islam I dan III Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6409007-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Moh. Muchtarom, S.AG, M.SI
2. Dr. Winarno, S.Pd. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.