Penulis Utama : Frysda Wahyuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C.9412022
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan kualitas pertunjukan wayang orang sriwedari terhadap upaya pelestarian budaya di Kota Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-C.9412022-2015
Subyek : BUDAYA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang apa saja usaha peningkatan kualitas pertunjukan Wayang Orang Sriwedari selama periode tahun 2014 hingga 2015, bagaimana perubahan pengunjung yang terjadi selama periode waktu tersebut, serta bagaimana tingkat kesejahteraan para seniman Wayang Orang Sriwedari.
Penulisan tugas akhir ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran mengenai usaha peningkatan kualitas pertunjukan Wayang Orang Sriwedari yang telah dilakukan terhadap upaya pelestarian budaya di kota Solo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, pengamatan, studi pustaka, serta dokumen. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setiap upaya peningkatan kualitas yang dilakukan oleh Pemkot Solo maupun seniman Wayang Orang Sriwedari akan membuahkan hasil positif jika dilakukan secara kontinu, meski segala kekurangan masih ditemukan. Profesionalisme kerja para seniman juga menjadi salah satu faktor yang menunjang peningkatan kualitas pertunjukan ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa usaha peningkatan kualitas pertunjukan Wayang Orang Sriwedari yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata membuat seni pertunjukan ini sedikit demi sedikit mulai diminati kembali oleh masyarakat. Berbagai upaya seperti pembenahan sistem pertunjukan, pembenahan sarana prasarana, profesionalisme kerja para seniman serta sosialisasi lewat berbagai event telah membuat seni pertunjukan ini terangkat lagi pamornya. Hal tersebut didukung pula dengan tingkat kunjungan yang cenderung meningkat dan terlampauinya target retribusi daerah untuk karcis pertunjukan Wayang Orang Sriwedari selama tahun 2014. Peningkatan kualitas pertunjukan diimbangi pula dengan pengangkatan tenaga kontrak yang dulunya hanyalah sukarelawan. Hal tersebut menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Solo memperhatikan upaya pelestarian budaya oleh generasi muda, meski belum ada pengangkatan pegawai kontrak menjadi pegawai negeri.
Kata kunci: peningkatan kualitas, seni pertunjukan, budaya, sriwedari

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. HALAMAN JUDUL.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
IMG_0005.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Sri Agus, M.Pd
2. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya