Penulis Utama : Retno Widiarti
NIM / NIP : D0311058
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) makna tradisi bersih desa pada masyarakat desa Rendeng, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, (2) pengetahuan, sikap dan tindakan atas tradisi bersih desa pada masyarakat desa Rendeng Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik George Herbert Mead dan Teori Konstruksi Sosial Peter L Berger. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Bagi warga Rendeng, makna tradisi bersih desa atau bersih massal ini adalah simbol yang mereka gunakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah Yang Maha Esa, atas semua anugerah yang telah diberikan kepada masyarakat, seperti kesehatan dan keselamatan lahir batin, rezeki, dan juga untuk sarana mengirim doa kepada leluhur untuk memohonkan ampunan atas dosa-dosa leluhur pada Yang Maha Kuasa. 2) Tradisi bersih desa sebagai tradisi penyelaras, seperti meningkatkan silaturahmi, toleransi, adanya kebersamaan antar warga sehingga menguatkan persatuan dan kesatuan,serta wujud pelestarian adat istiadat. 3) Terjadi perubahan simbol benda yaitu simbol tumpeng menjadi besek karena alasan cara hidup praktis serta perubahan simbol kegiatan yaitu simbol kegiatan menyembelih kambing,membakar kemenyan menjadi membaca doa bersama dalam bentuk tahlilan,yasinan karena adanya paham keislaman walisongo. (4) Pengetahuan masyarakat atas tradisi bersih desa yaitu tradisi peninggalan babad keislaman dalam bentuk ziarah kubur, sikap yang terbentuk yakni tradisi bersih desa dimaknai untuk menghormati dan berbakti kepada leluhur, keselamatan, silaturahmi, dan tindakan masyarakat atas tradisi dilakukan secara spontanitas berdasarkan naluri dan keyakinan akan ketenangan serta terdapat pula pengenalan kepada anak cucu untuk menjaga kelanggengan tradisi.
Kata kunci : Tradisi bersih desa, makna, simbol

×
Penulis Utama : Retno Widiarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311058
Tahun : 2015
Judul : Studi tentang tradisi bersih desa pada masyarakat Desa Rendeng Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D.0311058-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB. Soemanto, M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.