Penulis Utama : Evi Rockyantiningsih
NIM / NIP : K3210025
×

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tujuan pembelajaran melukis, 2) Model pembelajaran yang diterapkan, 3) Materi yang digunakan dalam proses pembelajaran melukis, 4) Metode pembelajaran yang diterapkan, 5) Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran melukis, 6) Sistem evaluasi hasil belajar siswa, 7) Proses pembelajaran melukis, dan 8) Kendala dalam pembelajaran melukis.
Bentuk penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara semi terstruktur, observasi, analisis dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Keabsahan data menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yang proses tahapannya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tujuan pembelajaran melukis di Point Education Center Surakarta yaitu membantu lembaga pendidikan formal dalam memberikan pembelajaran melukis bagi anak-anak atas dasar berusaha menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri. 2) Model pembelajaran melukis hampir sama dengan model pembelajaran di lembaga pendidikan formal, yaitu model pembelajaran kontekstual dan quantum. 3) Materi pembelajaran meliputi pengetahuan, keterampilan membuat sketsa dan mewarnai gambar. Selain itu ada juga penanaman sikap apresiatif pada anak. 4) Pembelajaran disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan dan pemberian tugas. 5) Berbeda dengan lembaga pendidikan formal, di Point Education Center Surakarta tidak ditemukan media pembelajaran. Contoh sketsa dari instruktur hanya sebatas alat peraga pembelajaran. 6) Sistem evaluasi meliputi evaluasi dalam bentuk apresiasi karya siswa dan bentuk report. 7) Proses pembelajaran di Point Education Center Surakarta, bersifat nonformal yaitu berada diantara formal dan informal. 8) Kendala yang dialami dalam pembelajaran melukis antara lain kendala intern dan ekstern. Kendala yang ada dapat muncul dikarenakan Point Education Center Surakarta adalah pendidikan nonformal bukan lembaga pendidikan formal yang lebih mengikat.
Kata kunci : Nonformal, melukis, pembelajaran, pendidikan.

×
Penulis Utama : Evi Rockyantiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3210025
Tahun : 2015
Judul : Pelaksanaan pembelajaran melukis di point education center Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3210025-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si
2. Adam Wahida, S.Pd, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.