Penulis Utama : Arsyita Putri Rahmatika
NIM / NIP : R1114014
×

Latar Belakang: Kabupaten Bantul memiliki jumlah penderita kanker payudara terbanyak di DIY. Ditemukan 3 penderita dalam rentang usia 15-24 tahun. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) merupakan deteksi dini kanker payudara.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penyuluhan metode ceramah dan diskusi terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)
Metode: Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu dengan pendekatan postest-only with control group design. Subjek penelitian adalah siswi kelas XI di SMA N 1 Sewon yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel sebanyak 60 responden, dengan 30 responden sebagai kelompok eksperimen dan 30 lainnya sebagai kalompok kontrol. Analisis data menggunakan independent t test dengan taraf signifikansi 95%.
Hasil: Rata-rata nilai keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada kelompok diskusi sebesar 70,55, sedangkan pada kelompok ceramah sebesar 55,37. Hasil analisis t = 5,002 dengan p = 0,000.
Kesimpulan: Ada perbedaan penyuluhan metode ceramah dan diskusi terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) pada siswi kelas XI SMA N 1 Sewon.
Kata kunci : Ceramah, Diskusi, Keterampilan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

×
Penulis Utama : Arsyita Putri Rahmatika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1114014
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan penyuluhan metode ceramah dan diskusi terhadap keterampilan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) pada siswi kelas xi sma n 1 sewon
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1114014-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Mulyani, S.Kep.Ns., M.Kes
2. Hardiningsih, S.ST, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.