Penulis Utama : Hasan Ayyubi
NIM / NIP : K4311032
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif melalui penerapan model discovery learning pada materi sistem ekskresi pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas angket serta teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian yang diguankan adalah model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif melalui penerapan model discovery learning pada akhir siklus. Motivasi belajar siswa meningkat sebesar 30,55%. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 25,29%. Simpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif melalui penerapan model discovery learning pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: model discovery learning, motivasi belajar, hasil belajar kognitif

×
Penulis Utama : Hasan Ayyubi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4311032
Tahun : 2015
Judul : Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4311032-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.