Penulis Utama : Paminta Akhir Riyadi
NIM / NIP : K5608019
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode latihan keseluruhan dan metode latihan bagian terhadap dribble bola basket pada klub bolabasket Triple v Karanganyar; (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan keseluruhan dan bagian terhadap dribble bola basket pada klub bolabasket Triple v Karanganyar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah klub bola basket Triple v Karanganyar yang berjumlah 24 orang, tidak ada teknik sampling yang digunakan karena penelitian ini adalah penelitian populasi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data dribble. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan pengukuran dribble dalam permainan bola basket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas.
Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan  keseluruhan atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 0,12 detik atau 1,84% dari hasil tes awal 6,74 detik menjadi 6,61 detik; (2) Kelompok dengan perlakuan  bagian atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 0,54 detik atau 7,96% dari hasil tes awal 6,72 detik menjadi 6,19 detik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan dribble bola basket dengan metode keseluruhan dan metode latihan bagian pada klub bolabasket Triple v Karanganyar; (2) Metode latihan bagian lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan dribble bola basket daripada metode  keseluruhan pada klub bolabasket Triple v Karanganyar.
Kata kunci: dribble bola basket, metode latihan keseluruhan, metode latihan bagian.

×
Penulis Utama : Paminta Akhir Riyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5608019
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Keseluruhan dan Metode Latihan Bagian terhadap Dribble Bola Basket dari Klub Triple V Karanganyar Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan-K5608019-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Slamet Riyadi, S.Pd, M.Or
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd, M. Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.