Penulis Utama : Cahyanita Dyah Prabawaningrum
NIM / NIP : G0012045
×

Latar Belakang : Melasma merupakan gangguan pigmentasi paling umum, berupa hipermelanosis yang simetris ditandai dengan timbulnya bercak cokelat terang sampai cokelat tua pada daerah yang sering terpajan sinar matahari. Melasma sulit untuk diobati karena patogenesisnya belum diketahui secara pasti tetapi paparan sinar UV dari matahari memainkan peran dalam terjadinya melasma sehingga kulit memerlukan perlindungan terhadap sinar tersebut seperti menggunakan tabir surya surya secara rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pemakaian tabir surya dengan kejadian melasma.
Metode Penelitian : Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan pada 30 September 2015 di Puskesmas Ngrampal, Sragen. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah wanita berusia 20-62 tahun yang bekerja di Puskesmas Ngrampal, Sragen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi kuesioner oleh responden dan pemeriksaan dengan gambaran klinis oleh dokter spesialis kulit dan kelamin melalui foto yang diambil menggunakan kamera Canon EOS1000D. Variabel terikat adalah kejadian melasma, sedangkan variabel bebasnya adalah riwayat pemakaian tabir surya. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Chi Square dan Rasio Prevalensi (RP), dengan tingkat kemaknaan p < 0.05 dan interval kepercayaan 95%.
Hasil : Hasil penelitian didapatkan 45 sampel, terdiri dari 15 sampel melasma dan 30 sampel bukan melasma. Penelitian ini menunjukkan bahwa antara riwayat pemakaian tabir surya dengan kejadian melasma memiliki hubungan yang bermakna, dengan uji Chi Square didapatkan nilai p = 0.003 (p < 0.05).
Simpulan : Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara statistik terdapat hubungan antara riwayat pemakaian tabir surya dengan kejadian melasma. Responden yang memakai tabir surya lebih sedikit menderita melasma dibanding yang tidak memakai tabir surya.
Kata Kunci : melasma, sinar ultraviolet, tabir surya

×
Penulis Utama : Cahyanita Dyah Prabawaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012045
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Riwayat Pemakaian Tabir Surya dengan Kejadian Melasma
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012045-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endra Yustin ES, dr., M.Sc., Sp.KK.
2. Arie Kusumawardani, dr., Sp.KK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.