Penulis Utama : Yusnia Satyawati Hardiningtyas
NIM / NIP : I0211061
×

Abstrak
Colomadu merupakan sebuah wilayah dari Kabupaten Karanganyar yang letaknya terpisah cukup jauh dari wilayah Kabupaten Karanganyar lainnya (eksklave). Isu-isu yang ada di wilayah Colomadu dan sekitar menjadi latar belakang dari perencanaan dan perancangan Budget Hotel di Colomadu dengan pendekatan Arsitektur Hemat Energi, antara lain adanya persaingan antar hotel; keinginan wisatawan untuk menginap di penginapan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang nyaman; sebagian besar hotel di Colomadu belum ada yang menerapkan konsep hemat energi; serta Wilayah Colomadu yang cukup prospek dan strategis sebagai lokasi Budget Hotel karena dekat dengan Bandara Internasional Adi Sumarmo dan berbatasan dengan wilayah lain yang mampu mendukung kegiatan di Budget Hotel. Persoalan desainnya adalah bagaimana menerapkan konsep hemat energi (fokus pada sistem pencahayaan dan penghawaan) pada bangunan sebagai usaha meminimalkan pengeluaran biaya dari penggunaan energi, tetapi fasilitas yang diberikan tetap nyaman dan harganya terjangkau. Tujuan dari perancangan ini adalah mendapatkan desain bangunan yang menyediakan fasilitas penginapan dengan harga terjangkau, nyaman, dan menerapkan konsep hemat energi. Metode yang digunakan merupakan metode perancangan arsitektur dengan pendekatan Arsitektur Hemat Energi. Hasil yang diperoleh, yaitu desain Budget Hotel dengan pendekatan Arsitektur Hemat Energi yang diaplikasikan pada sistem pencahayaan dan penghawaan, seperti menentukan posisi bukaan dan melakukan kendali terhadap sinar matahari dengan memberikan dinding masif, overhang, dan secondary skin pada eksterior bangunan yang disimulasikan dengan Autodesk Ecotect Analysis 2011 serta penggunaan tirai atau roller blind pada interior bangunan, Dialux 4.12 untuk simulasi sistem pencahayaan buatan, dan perhitungan sederhana untuk menentukan sistem penghawaan buatan (AC).
Kata Kunci: Arsitektur Hemat Energi, Autodesk Ecotect Analysis 2011, Budget Hotel, Dialux 4.12, Sistem Pencahayaan dan Penghawaan.
Abstract
Colomadu is a locality of Karanganyar Regency located quite far apart from the Karanganyar Regency (exclave). Existing issues in the region of Colomadu becoming the background of planning and designing Budget Hotel in Colomadu with Energy Saving Architecture approach, as for instances, the existence of competition between hotels; a tendency of the tourist to stay in affordable lodgments with comfortable facilities; most of the hotels in Colomadu have not applied the concept of energy saving; as well as the Colomadu area good prospects and strategic location Budget Hotel since it is close to the International Airport of Adi Sumarmo and bounded by regions with capability to support activities in the Budget Hotel. The problem of the design is how to implement energy saving concept (focus on lighting and air conditioning system) on the building as an effort to minimize the expenses of energy use, but the facilities granted stay comfortable and affordable. The purpose of this design is getting a building design that provides lodging facilities with affordable, comfortable, and apply the concept of energy saving. The method used is the method of designing architecture with the Energy Saving Architecture approach. The results obtained, i.e. the design Budget Hotel with Energy Saving Architecture approach which is applied to the lighting and air conditioning system, such as determining the position of the openings and performing control of sunlight by providing massive walls, overhang, and secondary skin on the exterior of the building simulated with Autodesk Ecotect Analysis 2011 as well as the use of the roller blind or curtains in interior building, simulation system for Dialux 4.12 artificial lighting, and simple calculations to determine the system of artificial air conditioning (AC).
Keywords: Autodesk Ecotect Analysis 2011, Budget Hotel, Dialux 4.12, Energy Saving Architecture, Lighting and Air Conditioning System.

×
Penulis Utama : Yusnia Satyawati Hardiningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0211061
Tahun : 2015
Judul : Konsep Perencanaan dan Perancangan Budget Hotel di Colomadu Dengan Pendekatan Arsitektur Hemat Energi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Arsitektur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Arsitektur-I0211061-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amin Sumadyo, ST, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.