Penulis Utama : A Rizky Mustika Dewi
NIM / NIP : E0011001
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam memutus terdakwa lepas dari segala tuntutan hukum dan upaya hukum yang dapat dilakukan kejaksaan Negeri Sleman terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara kepemilikan senjata tajam.
Penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan studi kepustakaan untuk teknik pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme.
Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui tentang dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum (ontslag van rechtsvervolging) adalah bahwa apabila yang didakwakan kepada  terdakwa terbukti tetapi perbuatan tersebut bukan merupakan suatu tindak pidana. Pertimbangan hakim yang lain adalah apabila terdapat keadaan-keadaan istimewa yang menyebabkan terdakwa tidak dapat dihukum, yaitu adanya alasan pembenar dan alasan pemaaf. Dalam kasus yang penulis teliti, hakim menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan hukum karena perbuatan terdakwa tidak melawan hukum dan pertimbangan hakim telah sesuai dengan KUHAP. Serta upaya yang dilakukan penuntut umum terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum sesuai dengan pasal 244 KUHAP ialah mengajukan Kasasi ke Mahkamah Agung
Kata kunci: Putusan, lepas dari segala tuntutan hukum, senjata tajam, upaya hukum
ABSTRACT
This legal writing aims to of the testimony of consideration of the judge in deciding the defendant's escape from all lawsuits and legal actions that can be performed Sleman State prosecutor against the decision free from all charges in a case of possession of a sharp weapon.
This research using prescriptive of normative research and Engineering Applied Sciences. Sources of legal materials used are the primary legal materials and secondary legal materials using bibliography study for data collection techniques. Legal substance analysis technique used is the method of deductive syllogism with a pattern of thinking.
Research results show that the consideration of judges in decisions free from any lawsuits (ontslag van rechtsvervolging) is that if the defendant proved that the accused but the act does not constitute a criminal offense. Another consideration is the judge that if there are special circumstances which led the defendant can not be convicted, namely the existence of a justification and an excuse. In the case that I researched, the judge ruled off of all charges because the defendant did not act against the law and judges consideration in accordance with the Criminal Procedure Code. As well as the efforts made by the public prosecutor against the decision free from all charges in accordance with Article 244 Criminal Procedure Code was submitted to the Supreme Court of Cassation
Keywords: Decision, free from any lawsuits, sharp weapons, legal effort

×
Penulis Utama : A Rizky Mustika Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011001
Tahun : 2015
Judul : Tinjauan Hukum Terhadap Putusan Lepas dari Segala Tuntutan Hukum dalam Perkara Kepemilikan Senjata Tajam (Studi Putusan Pengadilan Negeri Sleman Nomor 05/PID.SUS/2011/PN.SLMN)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011001-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.