Penulis Utama : Nandita Wana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S111408006
Tahun : 2015
Judul : Analisis Struktur Teks dan Kohesi Dongeng Anak Berbahasa Inggris Dreamlets Karya Arleen A dan EorG
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prodi Linguistik S111408006-2015
Subyek : DONGENG ANAK BAHASA INGGRIS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Nandita Wana Putri. S111408006. 2016. Analisis Struktur Teks dan Kohesi Dongeng Anak Berbahasa Inggris Dreamlets Karya Arleen A dan EorG. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Djatmika, M.A., Pembimbing II: Dr. Tri Wiratno, M.A. Minat Utama Linguistik Deskriptif, Program Studi S2 Linguistik, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Penelitian ini menganalisis teks cerita anak berbahasa Inggris. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan struktur teks yang membangun cerita dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG, (2) mendeskripsikan penanda kohesi gramatikal dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG, (3) mendeskripsikan penanda kohesi leksikal dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG, (4) menjelaskan peran kohesi gramatikal dan leksikal dalam memunculkan alur cerita dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah dokumen dan informan. Sumber data yang didapat dari dokumen berupa teks bacaan yang terdapat di dalam buku cerita anak berbahasa Inggris, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah penulis yang menulis buku teks cerita anak berbahasa Inggris. Data penelitian ini berupa teks bacaan dari buku cerita anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG.
Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG merupakan sebuah wacana yang padu karena didukung oleh struktur teks dan penanda kohesi. Dalam wacana ini ditemukan empat tahapan struktur teks yang membangun alur cerita yaitu orientasi, komplikasi, evaluasi dan resolusi. Selain itu, dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG ditemukan empat penanda kohesi gramatikal, yaitu referensi 49%, subtitusi 1%, elipsis 0.4%, dan konjungsi 50%. Selanjutnya, dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG juga ditemukan penanda kohesi leksikal, yaitu repetisi 98.30%, 0.47% sinonimi, 0.47% antonimi, 0.09% hiponimi, dan 0.66% kolokasi. Kohesi gramatikal yang paling dominan dalam dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG adalah konjungsi, sedangkan kohesi leksikal yang paling dominan adalah repetisi. Masing-masing penanda kohesi ditemukan pada tahapan orientasi, komplikasi, evaluasi, dan resolusi. Penanda kohesi tersebut memiliki peran dalam memunculkan alur cerita dongeng anak berbahasa Inggris Dreamlets karya Arleen A dan EorG.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A.,
2. Dr. Tri Wiratno, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana