Penulis Utama : Febrian Indra Rukmana
NIM / NIP : D0310021
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang gambaran pola nafkah yang terjadi pada Keluarga di Lingkungan Pancot, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar baik sebelum migrasi ke Jakarta atau ketika masih tinggal di Pancot maupun ketika sudah migrasi atau tinggal di Jakarta. Selain itu, Dampak perubahan pola nafkah ini terhadap gaya hidup keluarga di Lingkungan Pancot utamanya yang tinggal di Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data bersumber pada dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang di peroleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.Triangulasi yang digunakan adalah trianggulasi sumber data.Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Definisi konsep yang di gunakan berupa perubahan, gaya hidup, keluarga, pola nafkah. Sedangkan teori yang digunakan berupa teori adaptasi dan gaya hidup.
Hasil dari penelitian yaitu perubahan pola nafkah keluarga yang terjadi di Lingkungan Pancot, di karenakan kondisi perekonomian pertanian di sana yang krisis dan sumber penghasilan mereka hanya pada sektor pertanian saja dan hal itu membuat para keluarga di sana tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari - harinya. Sehingga, membuat warga melakukan migrasi ke kota – kota besar salah satunya ke Jakarta untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga mereka. Kehidupan mereka di Jakarta membuat taraf hidup mereka menjadi lebih baik.Penghasilan yang mereka peroleh saat ini tidak hanya dari sektor pertanian tapi dari anggota keluarga di Jakarta yang mengirimi uang setiap bulan ke Pancot.Selain itu, penghasilan keluarga di Jakarta tidak hanya dari satu sisi saja, yaitu suami.Tetapi dari dua sisi, Suami dan Istri yang memiliki pekerjaan yang berbeda.
Selain itu, perubahan pola nafkah yang terjadi pada Keluarga di Lingkungan Pancot secara tidak langsung juga memberikan dampak pada keluarga di Lingkungan Pancot yang merantau ke Jakarta, perubahan gaya hidup yang di maksud ialah pada hal pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.
Kata kunci : Keluarga, Gaya hidup, Pola Nafkah

ABSTRACT
This research aims to explain families image of living pattern in Pancot, Kalioso, Tawamangu, Karanganyar, before and after migration to Jakarta. Besides, the effect of earning pattern changing to families living behavior especially those living in Jakarta.This research used descriptive methods. The technique of collecting data in this research is purposive sampling with two type’s sources, there are primary data and secondary data which obtained from interviews, observation, and documentation. Triangulation that used is the data source triangulation. Data analysis in this research include the following stages of data collection, data reduction, data presentation and conclusion. This research used some definition of concepts, they are: the changes of lifestyle, family and living patterns. In other side the definition of theory in used are from the theory of adaptation and life style.
The results of this research family living pattern change in Pancot areahappened because of the crisis of agro-economy and they have only agricultural product in economic resource and it caused the families in Pancot can not fulfill theirdaily needs. therfore, they do migration to big cities – one of the big citiesis Jakarta to improve the economy of their families. Their life in Jakarta made the extent of their lives to be better. Theircurrently income isnot only from the agricultural sector but from family members in Jakarta who send money every month to Pancot. In addition, the income of the family in Jakarta was not only from one side, which is husband. But from the two sides, husband and wife which have different jobs.
In addition, changes in the pattern of living that occurs in Families in the Pancot neighborhood indirectly also gave an impact on families in the neighborhood Pancot who migrated to Jakarta, lifestyle changes in the intent is the fulfillment of the needs of clothing, food, and the house.
Keywords: family, lifestyles, patterns of a living

×
Penulis Utama : Febrian Indra Rukmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310021
Tahun : 2015
Judul : Perubahan Pola Nafkah dan Gaya Hidup Keluarga Inti Sebelum dan Sesudah Migrasi ke Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0310021-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mahendra Wijaya,M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.