Penulis Utama : Nur Setiyoningsih
NIM / NIP : K3111045
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk bibliokonseling yang valid menurut ahli, dapat diterima oleh siswa dan praktisi, dan efektif untuk mengembangkan empati siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba produk dalam uji ahli pada penelitian dan pengembangan ini adalah 2 ahli bimbingan dan konseling. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 2 orang guru bimbingan dan konseling dan 5 orang siswa kelas X SMA Negeri 6 Surakarta. Subjek uji coba lapangan terbatas adalah 15 orang siswa kelas X SMA Negeri 6 Surakarta. Data yang dikumpulkan adalah data untuk mengukur tingkat validitas, keterterimaan, dan keefektifan produk. Teknik pengumpulan data untuk mengukur tingkat validitas produk dengan menggunakan form penilaian untuk ahli yang dianalisis dengan menggunakan interrater aggrement model. Teknik pengumpulan data untuk mengukur keterterimaan produk dengan menggunakan form penilaian untuk guru bimbingan dan konseling yang dianalisis dengan menggunakan interrater aggrement model dan form penilaian untuk siswa yang dianalisis dengan menggunakan analisis kriterium. Teknik pengumpulan data untuk mengukur keefektifan produk dengan menggunakan angket empati dan pedoman observasi pelaksanaan bibliokonseling yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Wilcoxon dan dianalisis secara deskriptif.
Hasil uji validitas produk yang dikembangkan mendapatkan penilaian dari ahli sebesar 0,78 yang termasuk dalam kategori validitas tinggi, sedangkan uji keterterimaan produk mendapatkan penilaian dari guru bimbingan dan konseling sebesar 0,94 yang termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, serta mendapatkan penilaian dari 5 orang siswa dengan jumlah skor sebesar 253 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi, dan hasil uji efektifitas diperoleh (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,001. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan di dalam penelitian ini memenuhi kriteria valid menurut ahli, dapat diterima oleh guru bimbingan dan konseling dan siswa, dan efektif untuk mengembangkan empati siswa kelas X SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui teknik bibliokonseling.
Kata Kunci : Bibliokonseling, Empati.

ABSTRACT
The research objective is to produce biblioconseling a valid product according to the experts, can be received by the students’ and practitioners, and effective to foster the students’ empathy.
This is a research and development. Subjects in the preliminary field testing are 2 experts in guidance and counseling. Subjects in the main field testing are 2 teachers of guidance and counseling and 5 students’ at the tenth grade of SMA N 6 Surakarta. Subjects in the operational field testing were 15 students’ at the tenth grade of SMA N 6 Surakarta. The data collected is the data to measure the level of validity, acceptability and effectiveness of the product. Data collection technique for measuring the level of validity of the product by using the form for expert assessment which analyzed using interrater agreement model. Data collection technique for measuring the acceptability of the product using assessment form for teachers of guidance and counseling that was analyzed by using interrater agreement model and form for the students analyzed using the criterion analysis. Data collection techniques for measuring the effectiveness of the product by using empathy questionnaire and observation guidelines for the implementation of bibliocounseling that was analyzed by using the Wilcoxon analysis technique and analyzed descriptively.
The result of the product validity test from the experts assessment is 0,78 are included in the category of high validity, while the result of the product acceptability test from the teachers of guidance and counseling assessment is 0,94 are included in the category of very high validity and the students’ assessment is in total score of 253 are included in the category of very high validity, and from the result of the effectiveness test obtained (Asymp. Sig. 2-tailed) of 0,001. Thus, it can be concluded that the products have been developed in this research is valid according to experts, can be received by teachers of guidance and counseling and students’, and effective way to foster empathy at the tenth grade of SMA N 6 Surakarta in 2014/2015 academic year through biblioconseling techniques.
Keywords: Bibliocounseling, Empathy.

×
Penulis Utama : Nur Setiyoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111045
Tahun : 2015
Judul : Implementasi Bibliokonseling untuk Mengembangkan Empati Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3111045-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd.
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.