Penulis Utama : Ajeng Kumala Dyah Permata Putri
NIM / NIP : F3311007
×

ABSTRAK
Alat tulis kantor merupakan salah satu faktor penunjang dalam kegiatan operasional setiap harinya. Selain sebagai penunjang kegiatan operasional, alat tulis kantor juga berperan dalam penyelesaian tugas pembangunan kepemerintahan yang berdaya guna dan berhasil guna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengadaan alat tulis kantor  yang ada pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dengan metode langsung.
Secara keseluruhan sistem pengadaan alat tulis kantor pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta sudah dijalankan dengan baik, namun masih ada beberapa kelemahan dari sistem yang dijalankan yaitu terjadinya keterkaitan antar fungsi sehingga pelaksanaan tugas tidak dapat dilakukan secara bersamaan jadi apabila ada keterlambatan pelaksanaan tugas pada satu fungsi akan menghambat kinerja fungsi berikutnya, kurangnya pengecekkan data persediaan di komputer dengan di gudang, dan ketidakpastian jumlah anggaran yang harus dikeluarkan untuk pengadaan alat tulis kantor.
Berdasarkan hasil analisis, penulis memberikan rekomendasi agar ditentukan batas waktu dalam setiap pelaksanaan tugas masing-masing fungsi sehingga tidak menghambat pelaksanaan tugas pada fungsi berikutnya, diadakannya pengecekkan secara berkala terhadap persediaan yang ada di komputer dan di gudang serta diadakan pembatasan anggaran untuk pengadaan alat tulis kantor.
Kata Kunci: Sistem Pengadaan Alat Tulis Kantor, Fungsi, Dokumen, Catatan, Prosedur
ABSTRACT
Stationery is one of the factors supporting the daily operational activities. Other than as operational support, office stationery was also instrumental in the completion of development tasks of government the efficient and effective. The purpose of this study was to determine the system of procurement of stationery that of the Department of Industry and Trade Surakarta with the direct method.
The overall system of procurement of stationery in the Department of Industry And Trade of the city have been run well, but there are still some weaknesses of the system is run, namely the relationship among the functions that the implementation of tasks can’t be carried out together so if there is delay in the execution of tasks on a single function will hamper the performance of the next function, lack of checking the inventory data in the computer system in the warehouse, and the uncertainly of the amount of the budget must be spent for the procurement of office stationery.
Based on the analysis, the authors recommended that the deadline given in each task functions of each function does not hamper the implementation of the tasks in the next function, held periodically checks in with the computer system in the warehouse and held budget restrictions for the procurement of office stationery.
Keywords: Procurement of Office Stationery, Functions, Document, Records, Procedures

×
Penulis Utama : Ajeng Kumala Dyah Permata Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3311007
Tahun : 2015
Judul : Analisis Sistem Pengadaan Alat Tulis Kantor pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dengan Metode Langsung
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Akuntansi-F3311007-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih, SE, M.Ak., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.