Penulis Utama : Surawan
NIM / NIP : X3213028
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan memahat melalui pemanfaatan variasi alat dan bahan dalam materi ragam hias pada siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan populasi dalam penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Masaran Kabupaten Sragen tahun 2014/2015 dengan jumlah populasi sebanyak sejumlah 255 siswa. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yang ada di kelas VII A SMP Negeri 2 Masaran Kabupaten Sragen yang berjumlah 31 siswa. Dalam pengumpulan data, metode yang dipergunakan yaitu metode pokok yang meliputi metode wawamcara, observasi dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang respon siswa setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I, dan siklus II., metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I maupun II, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama responden penelitian. Untuk menguji kesahihan data digunakan triangulasi data, dan triangulasi metode. Dalam proses analisa ada tiga komponen yang harus disadari oleh peneliti. Tiga komponen tersebut adalah : 1) data reduksi; 2) sajian data, 3) penarikan kesimpulan atau verifikasi
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pada Siklus I diketahui skor rerata dari 3 aspek penilaian diperoleh data dari 31 siswa yang dinyatakan tuntas (memiliki skor >72) ada 21 siswa (67,7 %), sedangkan yang dinyatakan belum tuntas (memiliki skor ≤ 72 ) ada 10 siswa (32,3 %). Sedangkan pada siklus II diketahui skor rerata dari 3 aspek penilaian diperoleh data dari 31 siswa yang dinyatakan tuntas (memiliki skor >72) ada 28 siswa (90,3 %), sedangkan yang dinyatakan belum tuntas (memiliki skor ≤ 72 ) ada 3 siswa (9,6 %). Sehubungan dengan itu maka dapat disimpulkan bahwa tindakan guru mengajar dengan menggunakan variasi alat dan bahan dalam pembelajaran Seni Budaya  dengan materi ragam hias pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Masaran telah berhasil meningkatkan keterampilan memahat siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek penilaian yang dihasilkan oleh siswa pada setiap siklus.
Kata kunci: variasi alat dan bahan, keterampilan memahat, ragam hias
ABSTRACT  
The research objectives is to describe the improvement  of carving skills through the use of  variety of tools and materials in the decorative material in class VII A SMP Negeri 2 Masaransragen in the period of 2014- 2015.
The forms of research in this essay used  the Classroom Action Research ( CAR). While the population of this study was the students of VII A SMP Negeri 2 Masaran Sragen which had 31 students. The data collection methods used interview, observation and documentation. The interview is used to get the student response after getting instruction of cycle I and cycle II. The observation is used to find out the condition of the school, the condition students while getting instruction of cycle I and II. Documentation is used to get the name of respondents. In the process of data analysis, there are three components,they are 1) data reduction; 2) data presentation; 3) conclusion or verification.
Based on the research results we get: In the Cycle I, the average score of the three aspects of the data obtained that  there are 10  students who get ≤ 72 or  32,3% ,  the rest are 21 students who get > 72 or (67,7%) , and the average is 75. In the Cycle II, the average score of the three aspects of the data obtained that there are 3 students who get ≤ 72 or 9,6% , the rest are 28 students get > 72 or (90,3%) , and the average is 79. The result indicates that there is an improvement of comprehension lesson of the cycle II after using variety of tools and materials in the decorative material.
Keyword: Variety of Tools, Skill of Carving, Ornament

×
Penulis Utama : Surawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X3213028
Tahun : 2015
Judul : Pemanfaatan Variasi Alat dan Bahan untuk Meningkatkan Keterampilan Memahat dalam Materi Ragam Hias pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 2 Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-X3213028-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
2. Endang Widiyastuti, S.Pd, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.