Penulis Utama : Tawakal Wildan P
NIM / NIP : F1213062
×

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pelatihan pada komitmen afektif dengan perceived organizational support sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di PG Mojo Sragen yang berjumlah 100 orang karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PG Mojo Sragen, adapun metode yang digunakan dalam pengambilan sampel ini menggunakan metode sensus, metode analisis data yang digunakan adalah analisis hierarchical regression dengan menggunakan bantuan SPSS 16 for windows.
Hasil pengujian hipotesis, menunjukan bahwa adanya akan pengaruh secara signifikan dan positif antara lain : 1) pelatihan mempunyai pengaruh positif pada komitmen afektif; 2) pelatihan mempunyai pengaruh positif pada perceived prganizational support (POS); 3) perceived organizational support (POS) mempunyai pengaruh positif pada  komitmen afektif; 4)  perceived organizational support (POS) memediasi pengaruh pelatihan karyawan pada komitmen afektif.
Studi ini memiliki beberapa keterbatasan yang meliputi penelitian yang di lakukan di PG Mojo Sragen yang bersamaan dengan masa giling tebu, penelitian hanya meneliti tiga variabel, dan informasi yang di dadapatkan masih terbatas karena mengacu pada kuesioner. Diharapkan dalam penelitian selanjutnya untuk melengkapi keterbatasan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mengembangkan variabel-variabel yang mempengaruhi komitmen afektif serta untuk bisa meneliti perusahaan yang bergerak di bidang yang lain dengan konteks tingkatan yang lebih tinggi/dengan skala organisasi yang lebih besar.
Kata Kunci : training, perceived organizational support, affective commitment
ABSTRACT
The objective of research was to explain the effect of training on affective commitment mediated with perceived organizational support as mediating variable. The population of research was the employees in PG Mojo Sragen consisting of 100 employees. The sample used in this study was the employees of PG Mojo Sragen, the sampling method used in this research was census sampling  and the method of analyzing data used was hierarchical regression analysis using SPSS 16 for windows help.
The result of hypothesis testing showed that there were significant and positive effects of, among others: 1) training on affective commitment; 2) training on perceived organizational support (POS); 3) perceived organizational support (POS) on affective commitment; and 4) employee training on affective commitment mediated with perceived organizational support (POS).
This study had several limitations: the research conducted in PG Mojo Sragen was coincident with sugarcane milling time, this study only had three variables, and the information obtained was still limited because it referred to questionnaire. Thus, the further research was expected to compensate this study’s limitation. Considering the result of research, the next researchers were expected to develop variables affecting affective commitment and to investigate the company operating in other areas with higher level context/with larger organizational scale.
Keywords: training, perceived organizational support, affective commitment

×
Penulis Utama : Tawakal Wildan P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1213062
Tahun : 2015
Judul : Pengaruh Pelatihan Karyawan pada Komitmen Afektif Yang Dimediasi dengan Perceived Organizational Support (POS) (Studi Pada Karyawan PG. MOJO SRAGEN)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F1213062-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Cholil, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.