Penulis Utama : Ahmad Nurrofik Mahardika
NIM / NIP : C0210003
×

ABSTRAK
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu Bagaimana masalah-masalah sosial dalam kumpulan cerpen Dalang Galau Ngetwit. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan masalah-masalah sosial yang terdapat dalam Dalang Galau Ngetwit.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Sosiologi Sastra. Objek material dari penelitian ini adalah kumpulan cerpen Dalang Galau Ngetwit karya Sujiwo Tejo. Objek formal penelitian ini meliputi masalah sosial dalam kumpulan cerpen Dalang Galau Ngetwit. Sumber data penelitian ini adalah buku kumpulan cerpen Dalang Galau Ngetwit karya Sujiwo Tejo yang terbit pada tahun 2013. Data dalam penelitian ini adalah semua kalimat dan alinea yang dianggap sebagai masalah sosial pengarang dalam kumpulan cerpen Dalang Galau Ngetwit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah library research (Studi pustaka). Teknik analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa masalah sosial dalam karya ini adalah tawuran, kekerasan, sertifikasi ulama, ulama bermuka dua, saling klaim sebuah karya, gelar akademis demi sebuah tunjangan, rasisme, ormas anarkis, korupsi dan hukuman ringan bagi koruptor, nasionalisme, rakyat galau di negeri ini. Masalah yang dimunculkan serta dianalisis melalui pendekatan Sosiologi Sastra dalam karya ini sangat kompleks. Banyak peristiwa di lini masa ketika itu yang membuat kita tergugah untuk melakukan gerakan perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.

×
Penulis Utama : Ahmad Nurrofik Mahardika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0210003
Tahun : 2015
Judul : Masalah Sosial dalam Kumpulan Cerpen Dalang Galau Ngetwit Karya Sujiwo Tejo: Tinjauan Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSSR - 2015
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FSSR Jur. Sastra Indonesia-C0210003-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Bani Sudardi, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.