Penulis Utama : Muhammad Riga Mustafa
NIM / NIP : F1113033
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui sejarah dan pengembangan sentra industri mebel di Desa Bulakan. (2) untuk mengetahui bagaimana pola interaksi yang terjadi di Desa Bulakan. (3) untuk mengetahui bagaimana modal sosial yang terjadi di Desa Bulakan.
Unit analisis dalam penelitian ini adalah interaksi terhadap pelaku langsung pengrajin kayu Desa Bulakan. Oleh karena itu informan yang dituju untuk proses pengambilan data penelitian ini adalah: (1) pengrajin yang mengalami transformasi dari petani ke pengrajin kayu. (2) pengrajin yang  memproduksi untuk dijual ke konsumen. (3) pengrajin yang memproduksi untuk dijual ke kemitraan. (4) pengrajin yang memproduksi untuk dijual ke konsumen dan kemitraan. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu: (1) wawancara tidak terstruktur dan wawancara mendalam; dan (2) observasi non-partisipan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) adanya transformasi mata pencaharian yaitu, dari petani ke pengrajin kayu. (2) adanya interaksi antara pengrajin kayu dan pekerja. (3) adanya modal sosial yaitu, antara pengrajin dan pengrajin, pengrajin dan kemitraan, pengrajin dan bakul kayu.
Saran-saran yang diberikan untuk pengrajin kayu: (1) Perlu dibentuknya suatu organisasi atau paguyuban untuk pengrajin kayu di Desa Bulakan, Kab. Sukoharjo. Tujuannya adalah agar mereka memiliki kesepakatan harga secara langsung antar sesama pengrajin kayu. (2) Perlunya melakukan suatu inovasi atau penemuan-penemuan baru untuk desain produk agar mampu bertahan dalam bisnis permebelan dan mampu bersaing dengan pengrajin lainnya. Sekaligus agar desain produk tidak monoton dan terus di perbaharui.
Kata Kunci: Pengrajin Kayu, Interaksi, Modal Sosial, Bakul kayu, Kemitraan
ABSTRACT
This study attempts to: ( 1 ) know the history of and development sentra industry in the village bulakan furniture.( 2 ) to see how pattern interaction what happened in desa bulakan.( 3 ) to see how social capital what happened in desa bulakan
Unit analysis in this research was interaction the suspect directly craftsman wood village bulakan.Hence informants its intended to taking process lab data is: ( 1 ) craftsman who undergo a transformation of the farmers craftsman wood.( 2 ) craftsman who producing for sale to the consumer.( 3 ) craftsman who producing for sale to partnership.( 4 ) craftsman who producing for sale to the consumer and partnerships.Data to research was gathered using several method, viz: ( 1 ) interview is not structured and in-depth interviews, and ( 2 ) observation non-partisipan.This research in a qualitative approach phenomenology.
The result of this research showed that: ( 1 ) the transformation livelihoods namely , of the farmers craftsman wood .( 2 ) the interaction between craftsman wood and workers .( 3 ) the social capital namely , between craftsman and craftsman , a craftsman and partnerships , a craftsman and basket wood .
Advices given to craftsman tree, ( 1 ) it is necessary to the establishment of an organization or paguyuban to craftsman wood in the village bulakan , kabupaten .Sukoharjo .The plan was for they have a price deal directly among the people craftsman wood .( 2 ) the need for done a innovation or findings new to design a product to be able to stay in business permebelan and being able to compete with other craftsman .As well as to design a product not monotonic and continued in the update.
Keywords: craftsman wood, interaction, social capital, a wood seller, partnership

×
Penulis Utama : Muhammad Riga Mustafa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1113033
Tahun : 2015
Judul : Analisis Studi Berkelanjutan dan Pengembangan Pengrajin Kayu Bulakan (Studi kasus pada Desa Bulakan Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2015
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1113033-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yogi Pasca Pratama, S.E., M.E
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.