Penulis Utama : Atut Yuliarni
NIM / NIP : X5213204
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk tingkat penguasaan kosa kata pada siswa kelas II SLB Negeri Banjarnegara dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar dan kartu kata.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas II semester II SLB Negeri Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan tes. Observasi dilaksanakan untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat berlangsungnya proses belajar dan mengajar. Wawancara dilakukan kepada orang tua siswa untuk memperoleh data tentang kegiatan belajar siswa di rumah, dan tes dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penguasaan kosa kata dengan menggunakan alat peraga gambar dan kartu kata setiap akhir pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang mencakup komponen yaitu: reduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan.
Berdasarkan data awal diketahui bahwa dari 10 anak tunagrahita ringan kelas II semester II rata-rata tingkat kemampuan penguasaan kosa kata adalah 5,05. Setelah pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dan kartu kata rata-rata nilai menjadi 6,51 pada siklus I. Namun demikian, baru 2 siswa atau 20% yang memperoleh nilai rata-rata diatas nilai rerata yang ditetapkan dalam indikator kinerja yaitu 7,00. Selanjutnya nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 7,16 pada siklus II. Dan 8 orang siswa atau 80% telah memperoleh nilai rata-rata diatas indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar dan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosa kata bagi siswa kelas II SLB Negeri Banjarnegara Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : Alat peraga gambar dan kartu kata, siswa tunagrahita ringan,
kemampuan penguasaan kosa kata

 

×
Penulis Utama : Atut Yuliarni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5213204
Tahun : 2015
Judul : Upaya peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata melalui pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar dan kartu kata pada siswa kelas ii semester ii tunagrahita ringan di slb negeri Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-X.5213204-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maryadi, M.Ag
2. Drs. Hermawan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.