Penulis Utama : Christian Widominulyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M.3112037
Tahun : 2015
Judul : Pembuatan m-spyl (mobile spy learning), aplikasi pemantau kegiatan belajar dan perkembangan siswa sd, smp dan sma berbasis android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M.3112037-2015
Subyek : APLIKASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Orang tua memiliki kesibukan dan aktivitas masing-masing sehingga terkadang orang tua tidak memiliki waktu untuk mengawasi proses belajar yang sedang dijalani oleh putra-putrinya. Kurangnya perhatian dari orang tua pada proses belajar anak dapat menimbulkan dampak yang besar bagi proses belajar anak. Kurangnya pengawasan dari orang tua akan dimanfaatkan anak untuk tidak serius dalam menjalani proses belajar di sekolah dan bahkan anak-anak akan membolos sekolah karena merasa dirinya tidak ada yang mengawasi. Dengan demikian dibutuhkan sebuah alat yang dapat membantu mengawasi dan memberikan laporan kepada orang tua siswa tentang proses dan hasil belajar anak di sekolah ketika orang tua sibuk bekerja dan beraktivitas.
Mobile Spy Learning merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan guru dalam membantu orang tua siswa mengawasi perkembangan proses belajar siswa disekolah. Aplikasi ini akan digunakan oleh guru untuk melaporkan nilai hasil belajar siswa dan status presensi kehadiran siswa kepada orang tua melalui pesan singkat SMS. Pesan SMS laporan nilai hasil belajar siswa dikirimkan kepada orang tua siswa setelah siswa melaksanakan ulangan harian dan pesan SMS laporan presensi kehadiran siswa akan dikirimkan kepada orang tua siswa ketika anak tidak hadir tanpa keterangan (alpha).
Aplikasi Mobile Spy Learning dikembangkan kedalam dua versi aplikasi, aplikasi versi web dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP Hypertext Preprocessor (PHP) dan aplikasi versi mobile android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Eclipse IDE sebagai perangkat pengembang aplikasi.
Aplikasi ini menghasilkan komunikasi dan pengawasan antara pengajar dan orang tua siswa tanpa harus bertatap muka. Hasil ulangan harian dan hasil ujian siswa secara berkala dilaporkan kepada orang tua siswa. Selain itu, data presensi bulanan siswa juga dilaporkan kepada orang tua siswa secara berkala tiap bulan.
Kata kunci: Aplikasi, Android, Monitoring, Proses Belajar

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0010.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dian Prajarini, S.T., M.Eng
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA