Penulis Utama : Hermawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.561007003
Tahun : 2015
Judul : Perbedaan fungsi ereksi sebelum dan sesudah transurethral resection of the prostat pada penderita benign prostat hyperplasia tanpa retensi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu BedahS.561007003-2015
Subyek : EREKSI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Komplikasi Transurethral Resection of the Prostat (TURP) pada Benign Prostat Hyperplasia (BPH) pada fungsi seksual terus menjadi isu kontroversial dan bukti yang tersedia masih dalam perdebatan. Tujuan : Mengetahui adanya perbedaan fungsi ereksi pasien BPH tanpa retensi sebelum dan sesudah tindakan TURP
METODE: Penelitian ini merupakan eksperimen klinik dengan rancangan time series studi, Penilaian fungsi ereksi sebelum dan 1,3,6 bulan sesudah dilakukan tindakan TURP dengan Skoring International Index of Erectile Function-5(IIEF-5).
Hasil: Didapatkan 21 pasien BPH tanpa retensi yang dilakukan tindakan TURP Rentang Usia pasien 52th sampai 69th. Dari 21 pasien tersebut 13 pasien dengan fungsi ereksi DE ringan, sedangkan 8 pasien lainnya dengan fungsi ereksi normal. Hasil menunjukkan ada perbedaan signifikan fungsi ereksi sebelum TURP dengan 1 bulan sesudah TURP, dengan p = 0,000 (p < 0,05). Pada 3 bulan menunjukkan ada perbedaan signifikan dengan p = 0.008 (p < 0,05). Pada 6 bulan menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan, dengan p = 0.439 (p > 0,05).
Kesimpulan: Ada perbedaan fungsi ereksi pada pasien BPH tanpa retensi 1-3 bulan sesudah dilakukan TURP, tidak ada perbedaan fungsi ereksi 6 bulan sesudah dilakukan TURP. Jadi penderita BPH tanpa retensi yang dilakukan tindakan TURP, akan terjadi penurunan fungsi ereksi pada 1-3 bulan dan kembali normal sesudah 6 bulan.
Kata kunci: Fungsi Ereksi, BPH, TURP, IIEF-5

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0008.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr, Suharto Wijanarko. dr, Sp.U
2. Mochamad Arief TQ. dr, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana