Penulis Utama : Kartika Darmastuti
NIM / NIP : D0311039
×

ABSTRAK
Penelitian ini mengambil lokasi di Dukuh Jagatan yang merupakanlokasi terpilih dalam Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Kabupaten Karanganyar, sebelum adanya program PLPBK tersebut Dukuh Jagatan merupakan Dukuh yang paling kumuh di Kelurahan Banjarharjo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Dukuh Jagatan, Kelurahan Banjarharjo, Kecamatan Kebak Kramat, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui alasan masyarakat jagatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan PLPBK serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan PLPBK di Dukuh Jagatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknikpengambilansampeldalampenelitianinimenggunakanteknikpurposive sampling atausampelbertujuan.Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Aksi dan teori sistem dengan skema AGIL dari Talcott Parsons.
Berdasarkan hasil penelitian, program PLPBK di Dukuh Jagatan sudah dimulai sejak tahun 2014. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan PLPBK sudah mencapai tingkatan yang paling tinggi yaitu masyarakat selalu terlibat dalam tahapperencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga tahap pemanfaatan dan pemeliharaan. Pada tahap perencanaan seluruh masyarakat sudah mulai terlibat mulai dari kegiatan sosialisasi hingga rapat rencana kerja, pada tahap ini menurut tangga partisipaasi Arnstein partisipasi masyarakat sudah mulai mencapai pada tingkat pemberian informasi dan perujukan. Pada tahap pelaksanaan masyarakat berpartisipasi dalam bentuk gotong-royong dalam pembangunan fisik berupa jalan dan saluran air. Pada tahap ini partisipasi masyarakat sudah mencapai tingkat tingkat kemitraan yang dimana masyarakat dan pengurus PLPBK membuat aturan bersama untuk keberlangsungan kegiatan. Kemudian pada tahap pengawasan masyarakat di dampingi pemerintah desa, pengurus dan fasilitator dari PNPM memantau langsung semua kegiatan PLPBK agar hasilnya sesuai rencana, pada tahap ini partisipaasi masyarakat mencapai tingkat pelimpahan kekuasaan. Selanjutnya pada tahap pemanfaatan dan pemeliharaan masyarakat merawat dan memanfaatkan hasil pembangunan seolah-olah milik sendiri dan membuat tim saksi pemeliharaan perwakilan dari RT. Pada tahap ini partisipasi masyarakat sudah mencapai pada tingkat akhir yaitu masyarakat mengontrol. Faktor yang melatar belakangi partisipasi masyarakat dalam kegiatan PLPBK ini adalah faktor lingkungan dan faktor ekonomi.
Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas(PLPBK)
ABSTRACT
This research was choosing Jagatanas ones of selected village to apply Environmental Planning in Community-Based Settlement Program (PLPBK) in Karanganyar Regency. Before PLP-BK program was held, Jagatan is the dirtiestarea in Banjaharjo village.
The purpose of this research is to find out the participation of public in Environmental Planning in Community-Based Settlement Program (PLPBK) in Jagatan, BanjaharjoVillage, KebakKramat Sub district, Karanganyar Regency. The purpose of this research is to find out the reason about participation ofJagatan society in PLPBK activity and also to find out the factor which became obstacle and driving society participation in PLBBK activity in Jagatan. This research uses qualitative method with case study approaches. Collecting data was used by observation, interview, and documentation. The technique in this research to collectthe sample data is purposive sampling technique. Triangulation was used to guarantee validity of data, while data analysis was used is interactive model. The theory in this research is Action Theory and system theory with AGIL scheme by Talcott Parsons.
Based on the result of this research, PLPBK program at Jagatan was started in 2014. Participation from society in this activity was got the highest level. Because the society always involved in step of planning, realization, controlling, until utilization and maintenance. In stage of planning, all of society was start to involve from socialization activity until work planning meeting. In this stage, based on the Amstein chart participation, the participation from society has begun to reach in the stage of giving information and reconciliate. Then in the stage of realization, society was participated in real as a mutual cooperation to build road and drains. In the otherstage, participation from society has been reaching the level of partnership between society and PLPBK management to make the rules together for the activity. Then, in the stage of controlling, society was accompanied by village government, organizer and facilitator of PNPM to observe directly about all of PLPBK activity so that the result appropriate with the planning. Society participation in this stage was reaching in the level of delegation power. In the next stage of utilizing and maintenance, societies were take care and take advantage from the resultof development as if its own and make witnesses maintenance team representative of neighborhood. In this stage the participation of society was reached in the final level. That is society controlling. The background factors of society participation in PLPBK activity are environmental and economic factor.
Keywords: Participation, Society, Environmental Planning in Community-Based Settlement Program(PLPBK)

×
Penulis Utama : Kartika Darmastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311039
Tahun : 2015
Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) ( StudiKasusDukuh Jagatan, Kelurahan Banjarharjo, Kecamatan Kebak Kramat, Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0311039-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Zunariyah S.sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.