Penulis Utama : Retno Widowati
NIM / NIP : I0111090
×

Angkutan barang memiliki perananan penting dalam hal distribusi barang untuk memenuhi kebutuhan. Dalam operasionalnya, pengemudi angkutan barang akan parkir untuk beristirahat maupun untuk mengecek kondisi kendaraannya. Berdasarkan survei pendahuluan, pengemudi menyatakan bahwa kebutuhan waktu parkir dapat dipengaruhi oleh operasional kendaraan antara lain usia sisa ban, jarak tempuh dari lokasi terakhir parkir serta rasio muatan dan kapasitas kendaraannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik angkutan barang serta mengetahui hubungan antara durasi parkir dengan karakteristik operasional angkutan barang yang parkir di pinggir jalan pada ruas Jalan Ki Mangun Sarkoro, Jalan Sumpah Pemuda, dan Jalan Ring Road Surakarta.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan cara pengisian kuesioner yang diperoleh dari wawancara terhadap pengemudi angkutan barang yang parkir di pinggir jalan pada ruas Jalan Ki Mangun Sarkoro, Jalan Sumpah Pemuda, dan Jalan Ring Road Surakarta. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan durasi parkir (Y, menit) sebagai variabel terikat dan variabel bebas antara lain usia sisa ban (X1, bulan), jarak tempuh dari lokasi terakhir parkir ke lokasi penelitian (X2, km) serta rasio muatan dan kapasitas (X3).
Model persamaan hubungan antara durasi parkir dengan karakteristik operasional angkutan barang yang dihasilkan adalah Y= 177,781 – 13,104X1 + 0,195X2 + 28,092X3, dengan nilai koefisien korelasi masing – masing variabel bebas dengan variabel terikat (r) < 0,25 dan nilai koefisien determinasi (r2) = 0,029. Dari model persamaan diketahui bahwa karakteristik operasional angkutan barang tidak berpengaruh signifikan terhadap durasi parkir dikarenakan nilai korelasi dan determinasi yang dihasilkan sangat lemah.
Kata Kunci : durasi parkir, angkutan barang, operasional, muatan

 

×
Penulis Utama : Retno Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111090
Tahun : 2015
Judul : Hubungan durasi parkir dengan karakteristik operasional angkutan barang menggunakan analisis regresi linear (Studi Kasus : Jalan Ki Mangun Sarkoro – Jalan Sumpah Pemuda – Jalan Ring Road Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2015
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111090-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Dewi Handayani, S.T., M.T
2. Amirotul M.H.M., S.T., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.