Penulis Utama : Tegas Alharits Haryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K.7411157
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran kearsipan kelas x ap 1 di smk n 6 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7411157-2015
Subyek : TINDAKAN KELAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan peserta didik dalam mata pelajaran Kearsipan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 6 Surakarta melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, dimana pada setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 32 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa kegiatan berupa: (a) observasi, (b) wawancara, dan (c) analisis dokumen. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Keaktifan peserta didik meningkat sebanyak 50% dengan rincian pada prasiklus siswa yang aktif sebanyak 28% meningkat menjadi 53% pada siklus 1, dan meningkat menjadi 78% pada siklus 2.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mata pelajaran Kearsipan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK Negeri 6 Surakarta.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Keaktifan, Two Stay Two Stray

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
IMG_20151224_0012.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. C Dyah Sulistyaningrum Indrawati, M.Pd
2. Drs. Sutaryadi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP