Penulis Utama : Rama Pramu Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E.0011254
Tahun : 2015
Judul : Pemberian status persona non grata terhadap calon duta besar (Studi Kasus Herman Bernhard Leopold Mantiri Calon Duta Besar Indonesia Untuk Australia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2015
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0011254-2015
Subyek : PERSONA NON GRATA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dasar pertimbangan suatu negara dalam memberikan status Persona non Grata terhadap calon duta besar, dan legalitas tindakan pemerintah Australia dalam memberikan status Persona non Grata terhadap calon duta besar Indonesia berdasarkan Hukum Diplomatik.
Penelitian hukum ini termasuk dalam penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Bahan hukum penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Bahan hukum tersebut dikumpulkan melalui studi dokumen (studi pustaka), yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deduksi berdasarkan metode penalaran deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat tiga alasan dalam sebuah penolakan dan terdapat dua cara dalam pemberian penolakan yakni secara langsung dan tidak langsung. Apabila alasan penolakan tidak terdapat dalam ketiga alasan tersebut dan pemberian penolakan secara tidak langsung maka digolongkan sebagai penolakan secara eksepsional. Tindakan pemerintah Australia dalam memberikan status Persona non Grata terhadap calon duta besar Indonesia sesuai dengan ketentuan Konvensi Wina 1961 dan prinsip dalam hukum diplomatik namun tidak sesuai dengan prinsip Non-Interference dalam hukum internasional.
Kata kunci: Persona non Grata, Hukum Internasional, Hukum Diplomatik

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
IMG_20151224_0003.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Handojo Leksono, S.H., M.H.
2. Ayub Torry Satriyo Kusumo, S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum