Penulis Utama : Sunarto
NIM / NIP : S540809125
×

Latar Belakang : Kartu Menuju Sehat (KMS) merupakan program posyandu yang digunakan untuk mengamati kenaikan berat badan atau pertumbuhan balita, keberhasilan program ini yaitu bergantung dengan pengetahuan kader gizi, saat ini masih banyak dijumpai kesalahan kader gizi dalam hal pemindahan data dari KMS ke formulir dan meletakkan titik-titik koordinat berat badan dan umur dari
KMS. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya kader posyandu dan tingkat partisipasi masyarakat dalam penimbangan anak balita. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pengetahuan kader gizi tentang KMS dengan pencapaian D/S dan keaktifan kader posyandu di Kelurahan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo.
Subjek dan Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 70 kader gizi posyandu dengan teknik random sampling, Jumlah responden 47 kader gizi posyandu. Analisis data menggunakan uji chi square.
Hasil : Kader gizi tentang KMS adalah berpengetahuan baik sebanyak 43 orang atau 91.5% dan yang kurang baik sebanyak 4 orang atau 8.5%. Berdasarkan hasil uji chi-square pengetahuan kader gizi tentang KMS berpengaruh terhadap keaktifan kader diperoleh X2 21.314 lebih besar dari X2 tabel 3.841. tidak ada hubungan pengetahuan kader gizi tentang KMS dengan tingkat pencapaian D/S di Kelurahan Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo yang ditunjukkan X2 1.527 < X2 tabel 3.841.
Kesimpulan : Kader gizi tentang Kartu Menuju Sehat (KMS) berpengetahuan baik sebanyak 43 responden atau 91.5%, Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan kader gizi tentang KMS terhadap keaktifan kader posyandu, Tidak ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan kader gizi tentang KMS terhadap tingkat pencapaian D/S.
Kata kunci : pengetahuan, keaktifan, pencapaian D/S, kader gizi, KMS

×
Penulis Utama : Sunarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S540809125
Tahun : 2015
Judul : Hubungan Pengetahuan Kader Gizi Tentang Kartu Menuju Sehat (KMS) dengan Pencapaian D/S dan Keaktifan Kader Posyandu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2015
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Kedokteran Keluarga-S540809125-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. A.A. Subiyanto, dr. MS
2. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.