Penulis Utama : Berliana Renditasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1209013
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran menulis eksposisi: studi kasus implementasi kurikulum 2013 pada kelas x bahasa dan budaya di sma negeri 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K.1209013-2016
Subyek : MENULIS EKSPOSISI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) implementasi pembelajaran menulis eksposisi dengan kurikulum 2013; (2) kendala dalam pembelajaran menulis eksposisi; (3) upaya untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran menulis eksposisi; (4) persepsi guru mengenai pembelajaran menulis eksposisi dengan kurikulum 2013; (5) persepsi siswa mengenai pembelajaran menulis eksposisi dengan kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru melaksanakan pembelajaran menulis eksposisi dalam tiga tahap kegiatan, yakni tahap kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kedua, kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran menulis eksposisi meliputi minimnya sumber materi pelajaran, suasana kelas yang monoton, materi menulis eksposisi pada kurikulum 2013 berbeda dengan materi menulis eksposisi pada kurikulum sebelumnya, dan adanya perbedaan sistem penilaian pada kurikulum 2013. Ketiga, upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam pembelajaran menulis eksposisi antara lain: mencari dan mengembangkan sendiri materi pembelajaran yang bersumber pada internet, dan membaca literatur, mata pelajaran bahasa Inggris; membangkitkan semangat siswa, antara lain melalui membacakan cerita lucu, menyanyikan lagu tertentu, menyampaikan yel-yel dan lain-lain; memberdayakan MGMP sekolah dan diskusi lintas guru mata pelajaran, terutama diskusi dengan guru bahasa Inggris; menyusun materi penunjang dalam bentuk brosur; membaca dan memahami buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik dan menanamkan sikap jujur kepada siswa sebelum melaksanakan penilaian diri dan sejawat. Keempat, guru SMA Negeri 1 Sukoharjo memiliki persepsi positif dengan kurikulum 2013. Mereka memandang bahwa perubahan kurikulum merupakan kebutuhan. Kelima, siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo juga memiliki persepsi yang positif, siswa beranggapan pembelajaran menulis eksposisi dengan Kurikulum 2013 menyenangkan.
Kata kunci : pembelajaran menulis eksposisi, kurikulum 2013, implementasi, kendala, upaya, studi kasus, SMA

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAGIAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0001.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd
2. Dra. Raheni Suhita M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP