Penulis Utama : Elisa Anastasia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G.0111025
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan profil kepribadian backpacker ditinjau dari golongan darah dengan tes kepribadian 16 pf
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G.0111025-2016
Subyek : PROFIL KEPRIBADIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tren backpacker meningkat mulai tahun 1972, meluas sejak 1990-an di negara Australia, New Zealand dan Thailand hingga saat ini di Indonesia pun backpacker merambah di berbagai wilayah. Aktivitas berwisata mereka terbatas pada budget yang sesedikit mungkin, menggunakan transportasi pribadi atau umum dan akomodasi semurah mungkin, namun bertujuan mengunjungi banyak destinasi dan berinteraksi dengan penduduk lokal selama perjalanan. Lingkungan sosial backpacker mempengaruhi kepribadiannya bersama dengan faktor genetik dan juga faktor situasional. Faktor genetik dalam penelitian ini menggunakan variabel golongan darah. Ketiga faktor berintegrasi menyebabkan variasi pada profil kepribadian backpacker. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) ada tidaknya perbedaan signifikan antar-kelompok backpacker bergolongan darah A, B, O dan AB; (b) ada tidaknya persamaan dalam kelompok backpacker golongan darah sejenis, pada profil kepribadian Sixteen Personality Factors (16 PF).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis campuran (mixed method) dan pengujian non-parametrik. Subjek penelitian sejumlah 40 orang, terdiri dari 10 orang kelompok golongan darah A, B, O dan AB, dimana masing-masing kelompok memiliki kuota pria dan wanita yang seimbang. Seluruh subjek diberikan instrumen tes kepribadian 16 PF karya Raymond B. Cattel, adaptasi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Berdasarkan uji hipotesis pertama dengan Kruskall Wallis H-Test, diperoleh hasil faktor-faktor yang memiliki nilai p-value < 0,05 atau Ha diterima, yaitu faktor A, B, H, L, M, N, Q1, Q2 dan Q4. Ini berarti dari enam belas faktor 16 PF, faktor genetik menyebabkan terdapat perbedaan signifikan pada sembilan faktor diantara backpacker bergolongan darah A, B, O dan AB. Faktor sisanya menunjukkan bahwa pengalaman yang sama dari para backpacker membentuk kesamaan profil keseluruhan backpacker, yaitu identik dengan faktor C, E, F, G, I, O dan Q3. Hasil uji Mann Whitney U-Test dengan faktor yang memiliki p-value > 0,05 menunjukkan adanya persamaan didalam kelompok backpacker golongan darah sejenis, yang secara keseluruhan diwakili oleh faktor C, N dan Q4. Hal ini berarti terdapat persamaan faktor stabilitas emosi, kelihaian dan ketegangan pada backpacker dalam kelompok golongan darah sejenis. Backpacker A khas pada faktor Q2. Backpacker B khas pada faktor H dan I. Backpacker O dan AB khas pada faktor A.
Kata Kunci: Profil Kepribadian, Golongan Darah, Backpacker, Tes Kepribadian 16 PF

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0005.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi., Psikolog
2. Arif Setyanto S.Psi., M.Psi., Psi., Psikolog
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran