Penulis Utama : Gilang Cahya Mustika Nisaa
NIM / NIP : F0108066
×

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan permintaan masyarakat akan kegiatan wisata, industri pariwisata menjadi salah satu industri yang dirasa dapat meningkatkan perekonomian suatu daerah, tidak terkecuali Kota Surakarta. Perkembangan investasi pariwisata beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan, terbukti dari bertambahnya hotel/penginapan, restoran ataupun event-event kepariwisataan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh investasi sektor pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata di Kota Surakarta. Dengan asumsi investasi di sektor pariwisata dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung ke Kota Surakarta, dalam penelitian ini digunakan tiga variabel independent: investasi sektor pariwisata, jumlah wisatawan menginap di hotel dan lama tinggal wisatawan di hotel. Aplikasi Eviews 6 digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil estimasi dengan regresi linear berganda empat variabel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: variabel investasi pariwisata berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PAD pariwisata, variabel jumlah wisatawan yang menginap di hotel tidak berpengaruh signifikan terhadap PAD pariwisata serta variabel lama tinggal wisatawan di Hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD pariwisata di Kota Surakarta. Keterbatasan penelitian terletak pada minimnya jumlah observasi.
Kata Kunci: PAD Pariwisata, Investasi Pariwisata

 

×
Penulis Utama : Gilang Cahya Mustika Nisaa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0108066
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh investasi sektor pariwisata, jumlah wisatawan menginap di hotel, lama tinggal wisatawan di hotel terhadap pendapatan asli daerah (pad) sektor pariwisata di Kota Surakarta (tahun 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0108066-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.