Penulis Utama : Adhi Laksmana Vijaya
NIM / NIP : D0311003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang keterkaitan modal sosial dengan kelangsungan usaha pedagang di Kawasan Pasar Darurat Klewer Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial dari Max Webber dan teori keterlekatan dari Mark Granovetter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus dipilih dikarenakan cocok untuk meneliti suatu fenomena kontemporer dalam kehidupan nyata, kasus yang memiliki batasan jelas. Proses pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, serta penelaahan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Penulis menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, sehingga sampel yang diambil benar-benar representatif serta mengetahui secara pasti apa yang penulis butuhkan. Informan dalam penelitian ini adalah Himpunan Pedagang Pasar Klewer Surakarta, Pedagang Pasar Klewer, Penyuplai Barang, dan Pelanggan. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mode interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara langsung maupun tidak langsung terdapat keterkaitan antara modal sosial dan kelangsungan usaha para pedagang di Pasar Darurat Klewer. Dapat dilihat bahwa nilai-nilai tradisional merupakan suatu roh penggerak aktifitas perdagangan di Pasar Klewer. Meskipun berdagang adalah suatu keharusan untuk mencari keuntungan, tetapi pedagang tidak bisa begitu saja melepaskan modal sosial yang sudah melekat sejak lama di antara jaringan antar personal di semua elemen di Pasar Klewer Modal sosial yang terdiri dari partisipasi jaringan, resiprositas, kepercayaan, norma sosial, nilai-nilai, dan tindakan proaktif mempengaruhi kepada kelangsungan modal, kelangsungan sumber daya manusia, dan kelangsungan pemasaran para pedagang.
Kata Kunci: Modal Sosial, Kelangsungan Usaha, Pedagang, Keterlekatan

 

×
Penulis Utama : Adhi Laksmana Vijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0311003
Tahun : 2016
Judul : Modal sosial dan kelangsungan usaha (Studi Kasus Keterkaitan Modal Sosial Dengan Kelangsungan Usaha Pedagang di Kawasan Pasar Darurat Klewer Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D.0311003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hilmi Pujihartati, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.