Penulis Utama : Emy Nur Issae Fitri
NIM / NIP : C0110023
×

Asthabrata merupakan ajaran untuk pemimpin dengan memperhatikan delapan karakter/ sifat kepemimpinan. SR yang digunakan sebagai objek resepsi ialah SR yang telah ditransliterasikan dan dibukukan oleh K.B.P.H. Prabu Suryodilogo yang berjudul “Ajaran Kepemimpinan Asthabrata kadipaten pakualaman”
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana resepsi pembaca terhadap SR berdasar intensitas penghayatannya?, 2) Bagaimana norma dan kriteria penilaian pembaca terhadap SR?, 3) Bagaimana minat dan selera baca pembaca terhadap SR terhadap Karya Sastra Jawa?, 4) Bagaimana resepsi pembaca terhadap ajaran kepemimpinan dalam SR ?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis resepsi pembaca terhadap SR berdasar intensitas penghayatannya, 2) Menjelaskan norma dan kriteria penilaian pembaca terhadap SR, 3) Mengungkapkan minat dan selera baca pembaca terhadap Karya Sastra Jawa, 4) Mengetahui resepsi pembaca terhadap ajaran kepemimpinan dalam SR.
Manfaat penelitian ini secara teoretis adalah untuk memperkaya wawasan kajian resepsi sastra, sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai resepsi terhadap karya sastra Jawa klasik.
Landasan teori yang digunakan yakni teori pendekatan estetika resepsi Hans Robert Jauss, Jauss mengemukakan konsep kunci resepsi sastra adalah horison harapan yang tersusun atas tiga kriteria, yakni norma generik, pengalaman dan pengetahuan pembaca teks yang dibaca sebelumnya, kontras antara fiksi dan kenyataan.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan Mahasiswa Sastra Daerah angkatan 2011 dan 2012 Fakultas Ilmu Budaya sebagai sasarannya. Informan ditentukan sebanyak 15 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan content analysis.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini: sumber data primer yaitu Mahasiswa Jurusan Sastra Daerah angkatan 2011 dan 2012 sebagai informan dan SR, sumber data sekunder yaitu sumber dari arsip, dokumen pribadi, dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian. Data dalam penelitian ini yaitu informasi tentang SR dan teks SR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) intensitas penghayatan pembaca terhadap SR tergolong baik, (2) norma yang digunakan pembaca untuk memberikan penilaian terhadap SR meliputi tema, penggambaran karakter tokoh, dan kedekatan konflik dekat dengan kehidupan pembaca, (3) SR belum mampu memenuhi selera baca Mahasiswa Sastra Daerah angkatan 2011 dan sehingga minat baca pembaca tergolong rendah,(4) Pembaca mampu menangkap apa yang terkandung di dalam ajaran kepemimpinan yang terdapat di SR ini.
Kata Kunci : Ajaran Kepemimpinan, Estetika Resepsi, Mahasiswa, Serat Rama.

 

×
Penulis Utama : Emy Nur Issae Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0110023
Tahun : 2016
Judul : Ajaran kepemimpinan asthabrata dalam serat rama karya r.ng.yasadipura (Kajian Estetika Resepsi Berdasarkan Horizon Harapan Robert Jauss)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C.0110023-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M.Hum
2. Siti Muslifah, S.S, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.