Penulis Utama : Rizky Setyo Rahadi
NIM / NIP : I0111094
×

Kebisingan merupakan salah satu masalah transportasi yang banyak dihadapi penduduk kota besar. Salah satu sumber kebisingan adalah suara yang berasal dari kendaraan yang melintas dan jumlahnya semakin lama semakin bertambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebisingan dengan volume lalu lintas, kecepatan lalu lintas, dan jarak pengukuran kebisingan pada jalan kolektor.
Lokasi penelitian berada di Jalan Monginsidi Surakarta merupakan jalan kelas III dengan fungsi jalan kolektor yang menurut MKJI 1997 termasuk jalan tipe 2 arah tak terbagi (2/2UD). Kondisi sekitar jalan adalah permukiman penduduk, lokasi pendidikan, dan rumah sakit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode survei pencatatan volume dan kecepatan kendaraan serta mencatat nilai kebisingan selama 6 jam dari pukul 06.00-12.00. Metode analisis digunakan analisis regresi linear berganda dengan kebisingan (Y, dBA) sebagai variabel terikat dan variabel bebas antara lain volume lalu lintas (X1, kendaraan/jam), kecepatan sepeda motor (X2, km/jam), kecepatan kendaraan ringan (X3, km/jam), kecepatan kendaraan berat (X4, km/jam) dan jarak pengukuran kebisingan (X5, meter).
Berdasarkan uji asumsi klasik, hanya variabel bebas X5 (jarak pengukuran kebisingan) yang memenuhi uji tersebut. Model persamaan dari hasil analisis regresi linear sederhana yaitu Y = 83,797 – 0,713X5 dengan nilai r2 adalah 0,858. Model tersebut berarti bahwa jarak pengukuran kebisingan berpengaruh terhadap kebisingan.
Kata Kunci: Kebisingan, Volume Lalu Lintas, Kecepatan Lalu Lintas, Jalan Kolektor

 

×
Penulis Utama : Rizky Setyo Rahadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0111094
Tahun : 2016
Judul : Prediksi kebisingandi jalan kolektor (Studi Kasus : Jalan Monginsidi Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0111094-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Dewi Handayani, S.T., M.T
2. DR. Ir. Rr. RintisHadiani, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.