Penulis Utama : Muhammad Marzuki
NIM / NIP : S831308027
×

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mengembangkan modul berbasis Guided Discovery Learning (GDL) Terintegrasikan potensi lokal sebagai sumber belajar, 2) menguji kelayakan modul berbasis GDL, 3) Mengukur efektivitas modul berbasis GDL Terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Plantae.
Penelitian ini menggunakan prosedur menurut Gall dalam Borg & Gall dengan sembilan tahapan: 1) Tahap penelitian dan pengumpulan informasi, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan rancangan awal produk, 4) tahap uji coba lapangan permulaan, 5) tahap revisi produk tahap pertama, 6) tahap uji lapangan terbatas, 7) tahap revisi produk tahap kedua, 8) tahap uji lapangan operasional, 9) tahap revisi produk akhir. Uji lapangan awal dilakukan di SMAN 2 Pringgasela. Uji lapangan operasional dilakukan di SMAN 1 Pringgasela dan SMAN 3 Selong. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi dan tes yang mengukur kemampuan berpikir kritis. Jenis data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Uji lapangan operasional dalam seting kuasi eksperimen dengan menggunakan modul biologi berbasis GDL dan yang menggunakan buku ajar sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil setiap langkah pengembangan modul Plantae berbasis GDL terintegrasi potensi lokal yang telah di validasi dan telah di revisi berdasarkan saran dari para ahli modul dan telah diuji cobakan kepada calon pengguna, (2) kelayakan modul Plantae berbasis GDL terintegrasi potensi lokal berdasarkan penilaian ahli materi ahli kegerafikan, ahli pembelajaran dan praktisi pendidikan diperoleh V = 0,76 yang menunjukkan bahwa modul layak untuk digunakan; rata-rata angket respon siswa dan guru pada semua uji diperoleh penilaian dengan kategori “Baik”. (3) modul berbasis Plantae berbasis GDL terintegrasi potensi lokal efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Modul, Guided Discovery Learning, potensi lokal, kemampuan berpikir kritis, Kingdom Plantae

 

×
Penulis Utama : Muhammad Marzuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831308027
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan modul plantae berbasis guided discovery learning terintegrasi potensi lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sma Lombok Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831308027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si, Ed.D
2. Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.