Penulis Utama : Arum Laila Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211011
Tahun : 2016
Judul : Kajian proses pembelajaran materi mengukir relief logam pada mata pelajaran seni budaya sebagai pembentuk karakter kelas ix a di smp negeri 2 Suruh Kabupaten Semarang tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3211011-2016
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendiskripsikan: (1) proses pelaksanaan pembelajaran seni mengukir relief logam pada siswa kelas IX A yang dilakukan oleh guru di SMP N 2 Suruh Kabupaten Semarang berdasarkan silabus dan RPP, (2) visualisasi karya siswa dalam seni mengukir relief logam ditinjau melalui unsur-unsur visual, 3) peran pembelajaran mengukir relief logam terhadap pembentukan karakter pada siswa kelas IX A di SMP N 2 Suruh Kabupaten Semarang.
Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Sumber data yang digunakan: narasumber, dokumen dan arsip, tempat, dan peristiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan review narasumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis model mengalir.
Hasil penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran seni mengukir relief logam di SMP Negeri 2 Suruh Kab. Semarang oleh guru sesuai dengan silabus dan RPP. Tujuan pembelajaran adalah siswa diharapkan paham terhadap materi seni mengukir relief logam, diharapkan mampu melatih teknik tekan timbul atau tempa, dan diharapkan mampu berkembang kearah yang positif terhadap penanaman sikap-sikap dalam menjaga karya seni budaya daerah setempat. Proses pembuatan seni mengukir relief logam meliputi proses pemilihan design yang sudah disiapkan oleh guru, membuat pola pada logam sesuai dengan design, menggores logam untuk membuat timbul rendahnya relief, menempelkan logam pada triplek dengan lem, serta proses membuat pointilis pada background dan pembingkaian. Peran pembelajaran seni mengukir relief logam terhadap pembentukan karakter siswa adalah menanamkan sikap-sikap yang digunakan dalam menjaga karya seni budaya daerah setempat. Sikap-sikap tersebut diantaranya: menghargai, mencintai, dan bangga dengan seni daerah setempat, serta bersedia membuat dan melestarikan karya seni daerah setempat.
Kata kunci: proses pembelajaran, seni mengukir relief logam , penanaman karakter

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bab 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20160219_0024.jpg
jurnal.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
2. Endang Widiyastuti, S.Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP