Penulis Utama : Cindy Dyaning Dewati
NIM / NIP : K8411019
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi siswa dalam memandang perilaku menyimpang di SMA Negeri 8 Surakarta (2) faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku menyimpang pada siswa di SMA Negeri 8 Surakarta (3) strategi sekolah dalam menanggulangi perilaku menyimpang yang dilakukan oleh siswa di SMA Negeri 8 Surakarta. Adapun penelitian ini dilakukan pada kalangan pelajar di SMA Negeri 8 Surakarta.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian ini adalah seluruh pelajar SMA Negeri 8 Surakarta sebagai informan kunci dan guru Bimbingan Konseling, Wakasek Kesiswaan serta Tim STP2K sebagai informan pendukung yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dan validitas menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa dalam memandang perilaku menyimpang memiliki perbedaan. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa yang berperilaku menyimpang memandang sebagai perilaku yang wajar sementara siswa yang tidak menyimpang memandang sebagai perilaku yang tidak wajar (2) Terdapat dua faktor yang melatarbelakangi terjadinya perilaku menyimpang yaitu faktor internal (dalam diri) yang terdiri dari rasa malas untuk bersekolah, perasaan tidak suka, kesulitan atau kurang fokus pada pelajaran tertentu, kesadaran subjektif yang berujung pada proses pembiasaan, kepribadian, jenis kelamin, umur. Kemudian faktor eksternal (luar diri) yang terdiri dari adanya permasalahan dalam keluarga, pengaruh teman, ketidakpuasan terhadap pihak sekolah, dan pengaruh game online serta internet. (3) Strategi yang diterapkan oleh SMA Negeri 8 Surakarta terdiri dari dibentuknya Tim STP2K, teguran dari wali kelas, guru BK, pemanggilan orang tua, cek urin dan darah dari BNK dan PMI Surakarta, rutin melakukan revisi tata tertib sekolah melalui MPK, home visit.
Kesimpulan penelitian adalah persepsi siswa tentang perilaku menyimpang dipengaruhi oleh kesadaran subjektif yang berbeda-beda. Dari pikiran atau kesadaran tersebut akan muncul proses tindakan, dimana tindakan itu tidak berdiri sendiri melainkan menjadi kesatuan yang saling berhubungan dan bergantung melalui proses interaksi. Sehingga telah terjadi pertumbuhan potensi dan kecenderungan yang berlangsung dari hari ke hari sebelum terwujud suatu penyimpangan perilaku serta reaksi adanya penyimpangan perilaku tersebut.
Kata Kunci : Persepsi, Perilaku Menyimpang, Konsep Interaksionis Simbolik

 

×
Penulis Utama : Cindy Dyaning Dewati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8411019
Tahun : 2016
Judul : Analisis konsep i and me george herbert mead dalam fenomena perilaku menyimpang di kalangan pelajar sma negeri 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8411019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati,S.Sos,M.A
2. Drs. Slamet Subagyo,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.