Penulis Utama : Dhiki Hermawan
NIM / NIP : F3212029
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari penerapan strategi relationship marketing yang baik. Relationship marketing yang merupakan dasar pemikiran dalam praktek pemasaran ini membina hubungan yang lebih dekat dan meningkatkan komunikasi dua arah dengan mengelola kerjasama antara perusahaan dan pelanggan. Kepercayaan dan komitmen yang kuat antara PT. Batik Danar Hadi divisi Ekspor dengan pelanggannya akan membuat penerapan strategi relationship marketing ini menjadi kunci dalam upaya mempertahankan pelanggan.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi pustaka, sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membuat gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai penerapan relationship marketing yang sudah dilaksanakan oleh PT. Danar Hadi divisi Ekspor.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di PT. Batik Danar Hadi divisi Ekspor, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa perusahaan telah menerapkan strategi relationship marketing dengan baik. Strategi ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan pelanggan yang loyal dan untuk menekan biaya promosi.
Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah PT. Batik Danar Hadi divisi Ekspor haruslah tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan serta harus meningkatkan komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan secara berkala.
Kata kunci :Relationship Marketing

×
Penulis Utama : Dhiki Hermawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3212029
Tahun : 2016
Judul : Penerapan strategi relationship marketing pada pt. batik danar hadi surakarta divisi ekspor sebagai upaya mempertahankan pelanggan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Manajemen Pemasaran-F.3212029-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto,MBA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.