Penulis Utama : Nadira As’ad
NIM / NIP : G0012144
×

Latar belakang: Pediculus humanus var. capitis atau tuma kepala, merupakan ektoparasit yang menyebabkan infestasi di rambut kepala yang menyebabkan penyakit pedikulosis kapitis. Penularannya terjadi secara langsung, kontak dengan penderita pedikulosis kapitis, dan secara tidak langsung melalui benda-benda seperti sisir, bantal, atau baju. Usia yang lebih tua mempunyai tingkat pengetahuan yang lebih baik dan luas. Perilaku terkait usia diduga merupakan penyebab terjadinya pedikulosis. Terutama kebiasaan-kebiasaan seperti pinjam-meminjam barang dan kontak dekat dengan teman sebayanya dalam waktu lama. Prevalensi pedikulosis kapitis yang tinggi di pesantren menyebabkan santriwati mengalami rasa percaya diri yang menurun, persepsi sosial yang negatif, kualitas tidur menurun, dan gangguan belajar pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kejadian pedikulosis dengan usia di kalangan santriwati PPMI Assalaam.
Metode: Studi ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah santriwati usia 12-18 tahun yang dibagi menjadi 3 kelompok. Sampel yang digunakan sebanyak 90 santriwati. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Kejadian pedikulosis kapitis diperiksa langsung menggunakan serit. Data dianalisis secara cross sectional menggunakan program SPSS 16.0 for Windows.
Hasil: Uji chi square dengan tingkat signifikan 5% diperoleh hasil p 0,076 (>0,05) sehingga Ho diterima, artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara kejadian pedikulosis dengan usia di kalangan santriwati PPMI Assalaam.
Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara kejadian pedikulosis dengan usia di kalangan santriwati PPMI Assalaam.
Kata Kunci: pedikulosis kapitis, santriwati, pesantren, usia.

 

×
Penulis Utama : Nadira As’ad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012144
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara kejadian pedikulosis kapitis dengan usia di kalangan santriwati ppmi assalaam
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G.0012144-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. FX Bambang Sukilarso S., dr., M. Sc
2. Dra. Sri Haryati, M. Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.