Penulis Utama : Afin Setiawan
NIM / NIP : K6411001
×

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan kompetensi guru yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian sesuai dengan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teras Boyolali. 2) Untuk mengetahui implikasi dari kompetensi guru yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian sesuai dengan kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Teras Boyolali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan wawancara, observasi serta analisis dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Sajian Data, (4) Pengambilan Kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Pra Penelitian, (2) Tahap Pekerjaan Lapangan, (3) Tahap Analisis Data, (4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) kompetensi guru PPKn dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian sesuai kurikulum 2013 dapat dijabarkan sebagai berikut: (a) kompetensi pedagogik ditunjukan melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik sesuai RPP yang sudah dibuat serta penilaian autentik juga dilaksanakan sesuai instrumen dalam RPP. (b) kompetensi kepribadian ditunjukkan melalui tingkah laku dan sikap guru selama mendampingi proses pembelajaran saintifik dan penilaiana autentik yang patut dicontoh oleh siswa. (c) kompetensi sosial ditunjukkan melalui komunikasi yang baik, yang sudah dilakukan oleh guru PPKn dalam menyampaikan instruksi selama proses pembelajaran saintifik dan penilaian autentik. (d) kompetensi profesional ditunjukkan melalui buku pedoman yang dimiliki guru sebagai buku referensi materi dan pendamping dalam setiap melaksanakan aktifitas mengajar di kelas. 2) kemampuan guru PPKn dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian sesuai kurikulum 2013 sangat berdampak terhadap minat belajar siswa yang meningkat sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. (a) aspek kognitif dapat dilihat melalui pemahaman siswa yang baik. (b) aspek afektif ditunjukan melalui sikap siswa yang mencerminkan warga negara yang baik. (c) aspek ketrampilan dapat dilihat melalui penerapan ilmu yang sudah diperoleh dalam proses pembelajaran di kelas.

 

×
Penulis Utama : Afin Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6411001
Tahun : 2016
Judul : Kompetensi guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian serta implikasinya terhadap hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Teras Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6411001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ch. Baroroh, M.Si
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.