Penulis Utama : Tulus Burhanudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh variasi tegangan input CDI dan jenis koil pengapian terhadap putaran mesin pada sepeda motor suzuki shogun 2003
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP NIM.K2500049-2004
Subyek : SEPEDA MOTOR-MESIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh variasi tegangan input CDI terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003, (2) Perbedaan pengaruh variasi jenis koil pengapian terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003, (3) Interaksi antara variasi tegangan input CDI dan jenis koil pengapian terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003.

Penelitian ini dilakukan di PT. Suzuki Rayatama Motor dengan alamat Jl. Slamet Riyadi No. 472 telp. (0271) 713332 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah system pengapian Suzuki Shogun 2003. Sampel penelitian ini adalah baterai dan koil pengapian Suzuki Shogun 2003. Pengambilan sampel menggunakan “Purposive Sampling”, teknik pengumpulan data dengan cara melakukan pengukuran putaran mesin. Teknik analisis data digunakan analisis varian dua jalan kemudian dilakukan uji komparasi ganda atau uji pasca anava, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan Uji Liliefors dan untuk uji homogenitas digunakan Uji Bartlett.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara variasi tegangan input CDI terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji F untuk anava dua jalan di mana Fobs = 759,69 dan Ftabel = 5,49, sehingga Fobservasi > Ftabel pada taraf signifikan 1%. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara jenis koil pengapian terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji F untuk anava dua jalan di mana Fobs = 266,15 dan Ftabel = 5,49, sehingga Fobservasi > Ftabel pada taraf signifikan 1%. (3) Ada pengaruh bersama (interaksi) antara variasi tegangan input CDI dan jenis koil pengapian terhadap putaran mesin pada sepeda motor Suzuki Shogun 2003. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji F untuk anava dua jalan di mana Fobs = 46,72 dan Ftabel = 4,11 sehingga Fobservasi > Ftabel pada taraf signifikan 1%. Jadi kesimpulannya, semua Fobservasi dari penelitian ini mempunyai harga lebih besar dari Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari masing-masing perlakuan.

Setelah dilakukan penelitian, putaran mesin tertinggi di dapat pada pemakaian tegangan input 18 volt dengan rata-rata putaran 14720 rpm dan penggunaan koil pengapian kompetisi, yaitu dengan rata-rata putaran mesin 14102 rpm. Sedangkan untuk putaran tertinggi di dapat pada interaksi penggunaan tegangan input CDI 18 volt dan penggunaan koil pengapian kompetisi yaitu dengan rata-rata putaran 16470 rpm.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. C. Sudibyo, MT
2. Drs. Bambang Dwi Wahyudi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP